Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur di Windows 10 Bisa Ubah Ponsel Jadi Komputer

Kompas.com - 30/04/2015, 13:33 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Windows 10 for Phone nanti akan dilengkapi dengan sebuah fitur bernama Continuum. Fitur ini berfungsi untuk mengubah sebuah ponsel menjadi mirip dengan komputer desktop saat dihubungkan dengan layar ukuran besar.

Dengan Continuum, aplikasi dalam ponsel akan menyesuaikan tampilan antarmukanya pada ukuran layar yang sedang digunakan. Pengguna pun bisa melakukan drag and drop, misalnya dari pesan teks ke aplikasi lain di ponsel, mirip dengan pada komputer desktop.

Saat menunjukkan fitur ini dalam ajang Microsoft Build, Corporate Vice President, Operating Systems Group Microsoft, Joe Belfiore menghubungkan ponsel dengan monitor, mouse, dan keyboard. Selanjutnya, tampilan aplikasi langsung berubah.

Secara keseluruhan, sistem operasi ponsel itu tidak berubah jadi menyerupai sistem operasi Windows pada komputer desktop. Hanya wujud aplikasi yang sedang dibuka saja berubah menyesuaikan dengan ukuran layar.

"Hal yang kami tunjukkan ini adalah visi unik kami untuk ponsel dan meningkatkannya agar bisa memberikan pengalaman seperti memakai sebuah komputer desktop," ujarnya seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (30/4/2015).

Belfiore menambahkan, saat ini fitur Continuum itu belum ada di dalam Windows Phone. Agar dapat diwujudkan, fitur tersebut membutuhkan perangkat baru yang memiliki kapasitas dual-screen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com