BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Rahasia Layar Tanpa Bezel di Oppo R7

Kompas.com - 01/05/2015, 11:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Ada rahasia di balik layar tanpa bezel yang tampak dalam bocoran foto Oppo R7. Rahasia tersebut berada pada lapisan kaca di perangkat genggam itu dan membuatnya tampak tak memiliki batas layar.
 
Kuncinya terlihat pada paten bezel-less milik Oppo. Dalam paten tersebut tergambar bagian tepi kaca pelapis layar dibuat melengkung demi mempengaruhi proses penyebaran cahaya dari layar ponsel.

Seperti dikutip KompasTekno dari Android Community, Kamis (30/4/2015), karena cahaya dari dalam layar menyebar ke lengkung di tepi lapisan kaca, maka pengguna akan melihatnya seolah tidak memiliki atau hanya terlihat sedikit bezel.

Padahal sebenarnya, di bawah lapisan kaca tersebut masih terdapat bezel seperti pada ponsel lainnya.

Trik ini mirip dengan layar melengkung di Samsung Galaxy S6 Edge. Lapisan kaca melengkung tersebut disematkan di atas layar dan mempengaruhi persebaran cahaya sehingga bagian bezel tetap tersembunyi.

Selain soal layar yang seolah tanpa bezel, Oppo R7 juga disebutkan memiliki tubuh yang langsing. Ponsel ini disebut akan memiliki ketipisan di sekitar 4,85 milimeter, seperti R5 yang merupakan pendahulunya.

Oppo juga dikabarkan berniat menghilangkan tonjolan pada kamera utama R7, sehingga bagian casing belakan ponsel tersebut mulus dan rata, tidak seperti R5 pendahulunya.

Kamera utama itu diprediksi punya ketajaman 20,7 megapiksel. Sementara layar ponsel R7 disebut sebagai 2,5 D, yang kemungkinan besar tidak memiliki bezel pada tepian layar.

Bocoran spesifikasi lainnya R7 ini akan memiliki layar berukuran 4,7 inci dengan ketajaman full high definition (HD). Dapur pacunya menggunakan prosesor 64-bit octa-core MediaTEk MT6795.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com