Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memori Galaxy S6 Dilaporkan Bermasalah

Kompas.com - 04/05/2015, 10:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge adalah dua ponsel andalan baru dari Samsung yang dibekali deretan komponen terkini, termasuk RAM DDR4 berkapasitas 3 GB. Tapi sang duet Galaxy S6 pun rupanya tak luput dari masalah.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Forbes, Senin (4/5/2015), meski dilengkapi RAM canggih seperti disebut di atas, kedua perangkat dilaporkan sering kehabisan memori sehingga mengalami penurunan kinerja, bahkan aplikasi yang sedang berjalan terpaksa ditutup untuk membebaskan RAM.

“RAM yang tersedia hanya berkisar di angka 200-400 MB meskipun saya telah menghapus sebagian besar bloatware dan tidak menjalankan aplikasi aneh apapun,” keluh seorang pengguna di forum XDA Developer.

Selidik punya selidik, ternyata akar masalah berada di sistem manajeman memori Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge yang buruk.

Entah mengapa, kedua ponsel memakan sejumlah besar RAM yang tersedia -hingga 2,5 GB- hanya untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu rakus sumber daya, semisal menjelajah internet dengan peramban Chrome.

Ketika aplikasi dan services sedang tidak dipakai, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge pun tak membebaskan memori sehingga aplikasi baru akan kehabisan ruang untuk berjalan.

Gara-gara Lollipop?

Untuk mengatasi masalah manajemen memori ini, yang bisa dilakukan hanyalah menutup semua aplikasi yan sedang berjalan dengan memilih opsi “Close All” di menu multitasiking, atau me-restart ponsel.

Pihak Samsung melalui Samsung Inggris diketahui menjanjikan bakal segera menyalurkan “perbaikan kecil” menyangkut problem manajemen memori ini.

Ada kemungkinan masalah yang bersangkutan sebenarnya bukan berada pada Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge, melainkan sistem operasi Android 5.0 Lollipop yang dipakai kedua ponsel.

Google memang pernah mengakui adanya masalah kebocoran memori pada Android 5.0 yang masih belum tuntas diselesaikan pada versu 5.01, 5.0.2, dan 5.1.

Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge saat ini menjalankan Android Lollipop versi 5.0.2.

Google diperkirakan akan menyediakan solusi untuk masalah memori pada update Android 5.1.1 yang bakal menyertakan “peningkatan manajemen RAM”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com