Telkom Ingin Jadikan Indonesia Pusat Internet Dunia - Kompas.com

Telkom Ingin Jadikan Indonesia Pusat Internet Dunia

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 04/05/2015, 10:43 WIB
Yoga Hastyadi/KOMPAS.com (Kanan, berkaus putih) Direktur Network and IT Solution Telkom, Abdus Somad Arief sedang bercakap dengan Menkominfo Rudiantara di Makassar, Minggu (3/4/2015).
MAKASSAR, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) punya sebuah cita-cita besar untuk mengubah Indonesia menjadi pusat lalu lintas internet dunia. Caranya adalah dengan menghubungkan jarigan serat optik dari Indonesia ke Eropa Barat dan Amerika Serikat.

"Kita bercita-cita jadi hub traffic internasional dengan cara connect ke Eropa Barat dan AS dari Indonesia," ujar Direktur Network and IT Solution Telkom Abdus Somad Arief di sela-sela peresmian Sistem Komunikasi Kabel Laut Luwuk Tutuyan (SKKL-LT), Minggu (3/5/2015) sore.

"Kita ini kalau bicara hub untuk traffic pesawat atau kapal laut sekarang adanya di Singapura. Tapi kita masih punya kesempatan untuk jadi hub telekomunikasi," imbuhnya.

Sambungan serat optik ke Eropa Barat akan dilakukan melalui segmen Dumai dan Timur Tengah. Untuk mewujudkan segmen ini, Telkom akan bekerja sama dengan kurang lebih 13 negara.

Sedangkan sambungan yang menuju ke Amerika Serikat (AS) dilakukan melalui Manado, Filipina, dan Guam dan melalui kerjasama dengan kurang lebih lima negara.

Penyambungan serat optik menuju dua jalur internasional itu akan dikerjakan secara berdampingan. Telkom sendiri menyiapkan dana sebesar Rp 2,4 triliun untuk proyek besar ini.

"Proyek ini baru kita inisiasi tahun ini. Nah yang segmen domestik sedang lagi diproses. Dari Manado ke AS, selesainya Insya Allah awal 2017. Sedangkan yang dari Dumai menuju Middle East ke West Europe itu akan selesai duluan pada 2016," pungkas pria yang biasa disapa Asa ini.

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM