Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PC Windows 8 Seukuran "Flashdisk" Dijual Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 05/05/2015, 16:33 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Intel Indonesia memboyong komputer seukuran USB flashdisk, yang disebut dengan Intel Compute Stick, ke Indonesia. Komputer mini ini hanya butuh televisi yang memiliki sambungan HDMI.

"Selama ada koneksi HDMI-nya, (monitor) bisa dijadikan komputer di mana saja," ujar Hermawan Sutanto, Channel Sales Director Intel Indonesia, saat ditemui KompasTekno di Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Compute Stick akan dijual di Indonesia dengan kisaran harga di bawah Rp 2 juta (atau Rp 1 jutaan), sudah komplet dengan Windows 8.1 di dalamnya.

Komputer mini akan akan mulai dipasarkan di Indonesia sekitar bulan Juni.

"Kami berharap Juni sudah bisa beredar karena saat ini sedang menunggu proses sertifikasi," ujar Harry K Nugraha, Country Manager Intel Indonesia.

Compute Stick mengusung prosesor quad-core Intel Atom, memori RAM 2 GB, penyimpanan internal 32 GB dengan fitur WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0 untuk koneksi mouse dan keyboard, serta slot MicroSD.

Selain televisi, untuk bisa dioperasikan sepenuhnya, Compute Stick memerlukan perangkat mouse dan keyboard yang mendukung koneksi Bluetooth.

Compute Stick membutuhkan sumber daya eksternal dari port USB. Namun, karena ampere pada kebanyakan TV saat ini belum cukup kuat, menurut Hermawan, Intel akan menyediakan adaptor.

"Garansi yang disertakan Intel adalah full replacement selama satu tahun. Kalau rusak, nanti diganti," imbuh Hermawan.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Petinggi Intel Indonesia memamerkan komputer seukuran ibu jari, Intel Compute Stick dalam acara Intelligent Generations yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (5/5/2015).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com