Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Rilis APU Seri 7000 Terbaru

Kompas.com - 10/05/2015, 17:48 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - AMD merilis Advanced Processing Unit (APU) seri 7000 terbaru dalam ajang Financial Analyst Day 2015. Prosesor tersebut diklaim memadukan otak pemrosesan bertenaga besar, pemrosesan grafis canggih, AMD Secure Processor, dan I/O dalam satu chip hemat daya.

"Kami sangat senang terhadap teknologi yang dimiliki oleh APU dan GPU terbaru kami yang hadir tahun ini untuk para pengguna antusias, gamer, atau pun pengguna mainstream," ujar Corporate VP and General Manager, Computing and Graphics Business Unit at AMD Matt Skynner dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Minggu (10/5/2015).

APU yang dikenal sebagai Carrizo-L ini merupakan bagian dari keluarga prosesor mobile Carrizo buatan AMD. Saat ini prosesor tersebut sudah tersedia di Tiongkok, segera menyusul di belahan dunia lainnya.

AMD menyediakan empat model untuk versi quad-core, dengan variasi kecepatan pemrosesan mulai dari 1,8 GHz hingga 2,5 GHz. Sedangkan satu model lagi merupakan dual-core dengan kecepatan 1,5 GHz.

Selain APU tersebut, perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat ini juga merilis sejumlah produk lain di waktu yang bersamaan. Produk itu adalah GPU Radeon 300 series yang memiliki arsitektur Graphics Core Next (GCN). Produk ini dikhususkan untuk komputer desktop.

Kemudian ada juga Radeon M300 untuk laptop dan berbasis arsitektur serupa. Prosesor grafis ini menawarkan dukungan penuh terhadap Direct X 12 sekaligus teknologi efisiensi daya dengan memanfaatkan AMD Enduro Technologies.

Terakhir, AMD membawa pembaruan untuk APU A-series khusus untuk komputer desktop. APU ini sudah diubah agar mendukung pengoperasian Windows 10 dan memiliki rancangan multiengine dan multiadapter berbasis DirectX 12.

APU A-series terbaru juga membawa fitur-fitur berupa AMD FreeSync, AMD Mantle, HSA features heterogeneous queuing (hQ), dan heterogeneous uniform memory access (hUMA).

“Komitmen AMD dalam hadirkan performa komputasi dan grafis terbukti dengan kehadiran APU 7000 Series dan GPU Radeon 300 Series yang mampu hadirkan pengalaman bermain game superior, entertainment kelas atas, serta beberapa fitur lainnya yang inovatif," imbuh Skynner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com