Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan Prosesor untuk Internet of Things

Kompas.com - 11/05/2015, 13:25 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Samsung memiliki visi besar membuat peralatan-peralatan apapun dapat terhubung ke internet. Dan ternyata langkah raksasa elektronik Korea Selatan itu untuk mewujudkannya telah sampai pada proses pembuatan prosesor khusus internet of things (IoT).

Seorang sumber yang enggan disebutkan namanya berbicara kepada Cnet tentang rencana Samsung mengumumkan prosesor terbarunya yang disebut sebagai Artik. Sumber itu juga menyebutkan bahwa prosesor untuk perangkat mungil ini sedang digarap oleh divisi Strategy and Innovation Center Samsung di California.

Seperti dilansir KompasTekno dari Cnet, Kamis (7/5/2015), Saat ini masih belum jelas bagaimana wujud Artik. Namun ada kemungkinan bahwa mereka berniat mengumumkannya dalam konferensi Internet of Things World pada 12 Mei 2015 mendatang.

Dugaan tersebut didukung dengan keterangan resmi yang menyebut President and Chief Strategy Officer of Samsung Electronics Young Sohn, menjadi salah satu pembicara kunci di konferensi tingkat dunia itu.

"Dia akan mengungkap sebuah capaian perusahaan yang bernilai penting dan akan menjadi pembuka jalan bagi perangkat dan layanan IoT. Konferensi ini pun akan mengumpulkan para pemimpin industri, enterpreneur, developer dan perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang untuk membahas masa depan IoT," tulis keterangan yang dimaksud.

Perusahaan Korea Selatan ini sendiri telah lama berupaya mengembangkan perangkat-perangkat IoT. Salah satunya dengan mencaplok perusahaan rintisan bernama SmartThings yang mengembangkan teknologi pengendalian perangkat rumah tangga menggunakan ponsel.

Upaya lainnya, di atas panggung Consumer Electronic Show 2015 lalu, President & Head, Consumer Electronics, Samsung Electronics Boo-Keun Yoon berjanji bahwa 90 persen perangkat buatan mereka akan terkoneksi ke internet pada 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com