Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Pencari Google Bakal Punya Tombol ''Buy''

Kompas.com - 17/05/2015, 10:11 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Mesin pencari menjadi referensi manusia modern untuk mengakses informasi apapun. Termasuk ketika ingin membeli barang. "Tanya pada Mbah Google,'' begitu orang-orang kerap mengisyaratkan betapa penting kehadiran mesin pencari.

Google memanfaatkan ketergantungan massa tersebut. Dilansir KompasTekno, Sabtu (16/5/2015) dari TheNextWeb, Google bakal menyematkan tombol ''buy'' atau ''beli'' pada mesin pencarinya.

Nanti, ketika pembeli mencari informasi produk di Google, tak perlu lagi masuk ke situs khusus penjualan produk untuk membeli. Lewat tombol ''buy'', proses pembelian akan semakin cepat.

Dalam menggodok fitur ini, Google menggandeng Amazon.com dan eBay. Saat mengklik tombol ''buy'', pengguna akan dibawa ke laman produk yang menunjukkan pilihan pembelian lebih spesifik. Misalnya terkait ukuran, warna, pilihan pengiriman, dan informasi lainnya.

Produk yang dipilih netizen bakal dikirim dan dijual langsung dari tangan pertama retailer. Untuk itu, beberapa toko online sedang berbincang dengan Google ihwal fitur teranyar ini.

Tak semua produk pula ujuk-ujuk tersematkan tombol 'buy''. Melainkan hanya beberapa yang menjalin kemitraan dengan Google. Terkait pembagian hasil, Google bakal dapat bagian dari iklan yang terpasang pada toko online.

Ide Google ini mengundang pro dan kontra dari beberapa toko online. Walau pemasaran produk mereka akan makin meluas, namun toko online takut identitas tokonya terenggut Google.

Pasalnya, cara cepat yang diakomodir Google bisa membuat netizen cenderung mencari dan membeli barang langsung dari Google. Situs toko online bakal ''lapuk'' dari perhatian massa.

Lebih jauh, toko online juga akan memiliki ketergantungan yang kuat dengan sang raksasa mesin pencari. Seperti halnya Facebook pada Instant Articles, Google tampaknya memang bertujuan mendominasi lini bisnis online.

Dalam beberapa minggu ke depan, fitur ''buy'' kabarnya akan diluncurkan. Perlu diketahui, tombol ''buy'' hanya tersedia di Google versi mobile.

Belakangan, Google memang cenderung ingin mempermudah pengguna internet yang mengakses dari perangkat mobile. Sebab, 60 persen penetrasi internet saat ini berasal dari mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com