Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Windows 10 Bajakan Bakal Direcoki "Watermark"

Kompas.com - 17/05/2015, 18:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Neowin
KOMPAS. com - Sempat beredar kabar bahwa Microsoft bakal menyediakan sistem operasi terbarunya, Windows 10, secara gratis untuk semua pengguna Windows 7 dan Windows 8, termasuk yang memakai versi bajakan. Tapi informasi tersebut kemudian dibantah lewat sebuah klarifikasi.
 
Belakangan, Microsoft kembali memperjelas apa yang bakal terjadi jika pengguna Windows 7 atau Windows 8 bajakan coba-coba memasang Windows 10.
 
"Saat kami tidak bisa memverifikasi bahwa Windows 10 di sebuah perangkat telah dipasang, dilisensi dengan benar, dan tidak diutak-atik, kami akan menampilkan watermark di desktop untuk mengingatkan pengguna," tulis Microsoft dalam sebuah posting blog.
 
Artinya, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Neowin (17/5/2015), pengguna Windows 10 yang berangkat dari Windows 10 bajakan bakal terus menerus diingatkan soal status non-asli dari sistem operasinya melalui semacam tanda watermark.
 
Microsoft belum menunjukkan seperti apa bentuk dan dan di mana letak watermark Windows 10 nantinya. Pada versi-versi windows terdahulu, watermark diletakkan di pojok kanan bawah layar desktop dan berbunyi "Ini bukan copy Windows asli".
 
Tapi Microsoft tak akan benar-benar meninggalkan pengguna bajakan. Dalam posting blog yang sama, raksasa software ini menyatakan bakal terus memberi "tawaran upgrade Windows 10 yang sangat menarik " untuk pengguna Windows non-asli.
 
Namun, seperti halnya watermark, "tawaran menarik" ini pun masih belum dirinci dengan jelas.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Neowin
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com