Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Baru "Login" Gmail Bikin Ribet?

Kompas.com - 18/05/2015, 10:11 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Google diam-diam mengubah metode login untuk layanan e-mail-nya, Gmail. Perubahan itu diketahui dimulai pada minggu lalu, dan ditengarai sebagai cara Google mengenalkan metode login baru pada masa mendatang. Namun, metode baru itu banyak dikomplain pengguna karena dianggap ribet.

Sebelumnya, dalam layar login yang lama, Google menyediakan halaman username dan password di satu layar. Kini, Google hanya menampilkan halaman username. Halaman password ditampilkan di halaman login kedua setelah pengguna mengisi nama akun dan menekan tombol "Next".

Dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Minggu (17/5/2015), Google mengatakan bahwa perubahan itu dibuat untuk menyiapkan sistem autentikasi masa mendatang yang akan menggantikan password.

Google tidak mendeskripsikan secara detail metode login apa yang akan digunakan sebagai pengganti password itu. Bisa jadi, metode yang akan digunakan adalah autentikasi dua tahap, menggunakan dongle hardware, atau bahkan variasi dari "Smart Lock" Android yang diadaptasi untuk desktop.

Fitur Smart Lock di Android memungkinkan pengguna mengakses akunnya saat perangkat smartphone terhubung dengan perangkat Bluetooth dan di lokasi yang dipercaya.

Google sendiri sudah mulai memisahkan aliran login di perangkat Android mulai tahun lalu untuk mendukung fitur tersebut di atas. Menarik jika Google nantinya juga akan mengaplikasikan metode tersebut untuk desktop.

Terlebih, saat ini kebanyakan password manager populer sudah tidak bisa dipakai lagi dengan halaman login baru Gmail, walau tampaknya hanya sementara.

Apa pun lapisan keamanan baru yang ditambahkan Google di atas password itu, diharapkan bisa meningkatkan keamanan saat login. Namun, dengan meluncurkan fitur baru yang sistemnya belum jelas, Google tampaknya justru membingungkan banyak orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com