Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Huawei Tak Mau Bergantung pada Android

Kompas.com - 18/05/2015, 11:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber GSM Arena
KOMPAS.com - Produsen smartphone Tiongkok, Huawei dikabarkan sedang membuat sistem operasi mobile rancangannya sendiri. Hal itu dilakukan Huawei untuk mengurangi ketergantungannya dari OS Android buatan Google.

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Minggu (17/5/2015), sistem operasi mobile itu disebut-sebut telah disiapkan dan dikembangkan oleh Huawei selama tiga tahun terakhir.

Selain itu, rumor yang berkembang selama ini adalah sistem operasi besutan Huawei itu juga disiapkan untuk smartphone baru Huawei yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Menurut sumber dalam Huawei yang dekat dengan permasalahan tersebut, OS tersebut akan menjadi sistem operasi mandiri, yang bekerja bersamaan dengan chip buatan Huawei juga.

Untuk prosesor, Huawei saat ini memang memiliki chip yang dibangun sendiri yang diberi nama Kirin. Chipset tersebut telah dipakai di beberapa lini smartphone Huawei, seperti lini Ascend Mate.

Belum jelas apa nama  yang akan disematkan Huawei untuk sistem operasi mobile-nya itu. Kapan OS mobile itu akan mulai dirilis dan digunakan di perangkat-perangkat Huawei juga belum diketahui.

Yang jelas, sejumlah pabrikan saat ini mulai mengembangkan sistem operasi mobile-nya sendiri untuk mengurangi ketergantungan akan Android buatan Google, seperti OnePlus yang mengembangkan Oxygen OS dan ZTE dengan sistem operasinya sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com