BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
GADGET

Mengenal Keunggulan "Pixel Eyes" pada Layar Ponsel

Kompas.com - 22/05/2015, 10:54 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Layar pastinya menjadi komponen terpenting pada sebuah smartphone. Ketajaman dan visual layar menjadi sebuah kewajiban, apalagi setelah Apple memperkenalkan retina display pada perangkatnya.

Layar ponsel yang baik adalah layar dengan ketajaman tinggi untuk memberikan visibilitas pada huruf. Sedangkan kontras yang baik akan memberikan visualisasi menjadi tampak nyata, apalagi jika warna pada layar dapat menunjukkan warna sama saat memandang langsung objeknya.

Terkait inovasi layar ponsel tersebut, belakangan ini sering terdengar istilah Pixel Eyes. Bagaimana keunggulan teknologi ini?

Pixel Eyes adalah teknologi yang dikembangkan oleh Japan Display Inc (JDI). JDI merupakan perusahaan gabungan dari Sony Mobile Display, Toshiba Mobile Display dan Hitachi Displays. Perusahaan ini terkenal sebagai pembuat layar berkualitas yang mulai memasuki industri itu pada awal 2012 lalu. 

JDI mengembangkan sebuah modul LCD yang terintegrasi dengan sebuah penampang multi sentuh. Biasanya, pada layar konvensional penampang multi sentuh ini merupakan bagian yang terpisah. Akibatnya, layar yang tidak menggunakan teknologi Pixel Eyes akan tampak lebih tebal.

Layar yang menyatu dengan penampang multi sentuh itu juga sering disebut dengan In-cell technology. Teknologi ini dapat dilihat langsung pada layar smartphone. Apabila diperhatikan dari sisi samping, maka tidak akan terlihat jeda antara panel layar dan kaca pelindung.

Uniknya, teknologi ini menggabungkan panel sentuh kapasitif langsung di atas display. Artinya, display sentuh bisa dibuat menjadi lebih tipis, namun juga lebih sensitif saat disentuh.

Manfaat lain dari mengombinasikan panel dan display pada teknologi ini adalah berkurangnya pantulan yang akan meningkatkan kemampuan penglihatan display dalam berbagai kondisi pencahayaan. Layar akan terlihat sangat jelas.

Jadi, selain ketipisan dari layar jenis ini, Pixel Eyes juga memberikan visibilitas tinggi dengan kerapatan pixel yang maksimal. Saat ini teknologi tersebut sudah dipakai oleh Oppo pada smartphone seri terbarunya, Oppo R1X.

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com