Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Browser yang Jadi Alat Mata-mata?

Kompas.com - 23/05/2015, 08:36 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Badan sandi negara AS, National Security Agency (NSA) diduga menggunakan aplikasi peramban UC Browser di Android untuk kegiatan mata-matanya.

Hal tersebut terungkap dari dokumen yang diungkap oleh whistle blower yang juga seorang mantan kontraktor CIA, Edward Snowden kepada The intercept dan CBC.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Kamis (21/5/2015), dokumen NSA tersebut mengatakan bahwa UC Browser selama ini membocorkan informasi tentang aktivitas penggunanya, dan mengirimkan informasi tersebut ke Tiongkok.

Sebagaimana diketahui, UC Browser adalah aplikasi peramban buatan UC Web, perusahaan yang dimiliki oleh raksasa teknologi Tiongkok, Alibaba. Di toko aplikasi Google Play Store, UC Browser telah diunduh lebih dari 100 juta kali.

Menurut analisa yang dilakukan firma Citizen Lab, informasi yang disadap NSA melalui UC Browser juga meliputi kata kunci pencarian yang dilakukan pengguna, nomor kartu SIM, serta ID unik perangkat.

Citizen Lab telah memberitahukan hal tersebut kepada Alibaba, dan perusahaan pengembang browser itu pun mengatakan telah memberikan update untuk UC Browser di awal bulan ini, untuk menambal celah keamanannya. Menurut Alibaba, kebocoran itu bukan disengaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com