Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uber Uji Mobil Tanpa Sopir

Kompas.com - 23/05/2015, 12:55 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Slashgear
KOMPAS.com - Perusahaan pemesan taksi Uber secara diam-diam sedang menguji mobil tanpa sopir. Informasi tersebut diketahui setelah mobil tanpa awak buatan perusahaan tersebut berkeliaran di jalanan kota Pittsburgh, AS.

Seperti dikutip KompasTekno dari Slashgear, Jumat (22/5/2015), terdapat tulisan "Uber Advanced Technologies Center" yang terpasang di mobil tersebut. Hal itu memperkuat dugaan bahwa mobil itu memang sedang dikembangkan oleh Uber.

Selain itu, tidak terlihat juga adanya pengendara di balik setir mobil. Adapun, di bagian atap, terpasang sebuah mesin berputar, diduga untuk mendeteksi apakah ada penghalang di depan mobil atau tidak.

Saat ditanyakan pendapatnya mengenai mobil tersebut, pihak Uber yang diwakili oleh Trina Smith tidak memberikan jawaban yang jelas, apakah mobil tersebut benar proyek mobil tanpa sopir atau tidak.

"Kendaraan ini merupakan bagian dari penelitian awal kami perihal kegiatan pemetaan, keamanan, dan sistem mandiri," katanya.

Meskipun belum memberikan konfirmasi pastinya, banyak pihak yang menduga bahwa mobil tersebut benar-benar mobil tanpa sopir buatan Uber. Pasalnya, perusahaan asal Silicon Valley tersebut memang baru mendirikan sebuah divisi bernama Advanced Technologies Center (ATC) di Universitas Carnegie Mellon.

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, nama ATC tertera di badan kendaraan tersebut. Selain itu, Uber memang sengaja mendirikan divisi tersebut dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi kendaraan tanpa sopir.

Uber sendiri diketahui memang sangat membutuhkan teknologi tersebut. Alasannya, mereka sedang mencari cara untuk memangkas beban terbesar saat ini, gaji sopir. Dengan adanya teknologi mobil tanpa sopir, tentunya Uber bisa lebih menghemat biaya operasional.

Saat ini, Uber bukan menjadi satu-satunya perusahaan yang mengembangkan mobil dengan teknologi tersebut. Raksasa internet, Google, diketahui juga sedang bekerja keras mewujudkan teknologi masa depan tersebut.

Untuk masalah ini, Google tampak satu langkah di depan Uber. Mereka sudah mengembangkan teknologi ini sejak tahun 2010 lalu. Sementara itu, Uber baru saja memulainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slashgear

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com