BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
FOTOGRAFI

Memotret dengan "Auto Panorama" Tanpa Banyak Menggerakkan Tangan!

Kompas.com - 24/05/2015, 21:09 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Tren fotografi yang kini bisa dinikmati oleh siapa saja kian memacu inovasi perkembangan fitur pada kamera ponsel. Salah satunya foto panorama.

Foto panorama merupakan teknologi pengambilan gambar dengan menggerakan kamera ponsel ke arah vertikal ataupun horizontal sehingga menghasilkan gambar lebih lebar. Aspek rasio yang dihasilkan pada fitur ini antara 4:1 hingga 10:1 meliputi sudut pandang yang mencapai 360 derajat.

Perkembangan foto panorama tidak secara instan hadir begitu saja di smartphone, namun didukung kecanggihan lensa kamera yang digunakan. Ketajaman daya tangkap dan fokus lensa kamera juga menjadi unsur penting untuk mendapatkan hasil sempurna secara detail tanpa adanya distorsi.

"Fitur foto panorama sangat membantu untuk mendapatkan hasil gambar lebih lebar saat berada di atas gedung. Tanpa harus melakukan edit dengan menggabungkan dua foto atau lebih untuk menghasilkan tampilan yang lebih lebar," ucap Mobile Photographer yang hobi rooftooping Arief Noor Iffandy kepada KOMPAS.com di Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Memang. smartphone yang memiliki kamera dengan teknologi foto panorama sudah banyak ditemukan. Namun, gambar yang dihasilkan masih terdapat kekurangan.

Arieffandy/Oppo N3 Hasil foto auto panorama di salah satu apartemen Jakarta menggunakan Oppo N3 diambil oleh Arieffandy.

Hal itu terjadi saat melakukan pergerakan vertikal ataupun horizontal secara tidak konstan sehingga menghasilkan distorsi garis melintang pada foto atau terjadi penumpukan objek foto. Selain itu, sering terjadi fokus kabur sehingga gambar yang dihasilkan menjadi blur.

"Saya pilih Oppo N3 karena selain sebagai smartphone juga karena kelebihan dari segi fotografinya. Salah satu teknologi terbaru pada kameranya adalah fitur auto panaroma," ujar Arieffandy.

Dia mengatakan, saat menggunakan auto panorama dengan fitur rotating camera, secara otomatis kamera akan berputar hingga 206 derajat. Fitur ini sangat fleksibel digunakan siapa saja yang ingin mendapatkan hasil foto panorama secara maksimal. Ditambah dengan resolusi kameranya sebesar 16 megapiksel, kualitas gambar pun menjadi lebih tajam.

"Belum lama ini saya mencoba melakukan foto auto panorama di atas gedung pencakar langit Jakarta. Hasil gambarnya sangat tajam dan tidak ada distorsi, karena memang secara konstan bergerak otomatis tanpa harus menggerakkan tangan secara vertical ataupun horizontal,” ujarnya.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com