Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Pengawas Internet Indonesia Dijahili Hacker

Kompas.com - 25/05/2015, 10:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Situs resmi Indonesia Security Insident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) dijahili hacker. Tampilan situs pengawas internet Indonesia tersebut pun diubah.

Pantauan KompasTekno saat mengakses situs beralamat di http://www.idsirtii.or.id tersebut, Senin (25/5/2015), halaman utamanya telah berganti dengan foto sosok tanpa wajah yang mengenakan jaket berwarna abu-abu. Sementara itu latar belakang situs pun berubah menjadi hitam seluruhnya.

Pada bagian atas foto tersebut dibubuhi tulisan "Just A Dream", sementara di bagian bawahnya terdapat kode "=( h3ll_id )=".

Pada bagian tab yang mestinya menampilkan nama situs, kini justru berganti dengan tulisan "Hacked by h3ll_id" yang berarti diretas oleh "hell_id".

Ketika situs terbuka, terdengar musik yang secara otomatis diputar. Tak ada keterangan apapun mengenai motif dan tujuan sang peretas.

ID-SIRTII sendiri merupakan lembaga yang dibentuk untuk mengamankan jaringan telekomunikasi dengan memanfaatkan internet. Tugas mereka meliputi pemantauan, deteksi dini, dan peringatan dini mengenai ancaman melalui internet di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com