Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014, Lenovo Jual 822.800 PC di Indonesia

Kompas.com - 26/05/2015, 16:19 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Lenovo mengumumkan penjualan PC di Indonesia sepanjang tahun fiskal 2014-2015 yang berakhir Maret mencapai 822.800 unit. Jumlah itu mengalami kenaikan sebesar 26,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur SMB & Large Enterprise Lenovo Indonesia Irene Santosa menuturkan khusus untuk kuartal IV tahun fiskal 2014-2015, jumlah penjualan PC perseroan mencapai 223.000 unit atau naik 36 persen dari kuartal sebelumnya.

"Meskipun kondisi pasar PC cenderung melemah, namun kami mencatatkan kenaikan penjualan PC di Indonesia," ujarnya di sela-sela Lenovo Tech World, Selasa (26/5/2015).

Dia menuturkan, PC sejauh ini masih menjadi penopang pendapatan dari pasar Indonesia, dan sisanya disumbang oleh segmen smartphone dan tablet.

Untuk menggenjot penjualan, Lenovo terus mengembangkan  jaringan penjualan, yakni LES (Lenovo Exclusive Store) dan LMB (Lenovo Multi Brand). Dalam waktu dekat, jumlah jaringan penjualan tersebut akan bertambang sebanyak 200 unit hingga mencapai 1.000 pada tahun fiscal 2015-2016.

“Ke depan, kami menargetkan bisa menambah 1.000 toko, baik LMB dan LES untuk menopang jaringan penjualan kami,” lanjut Irene.

Sebelumnya, President Region Asia-Pacific Lenovo, Roderick Lappin menuturkan perusahaan bisa berada pada urutan teratas secara global dalam hal penguasaan pasar untuk segmen PC dalam rentang waktu dua tahun ke depan.

President Region Asia-Pacific Lenovo, Roderick Lappin mengungkapkan ada sejumlah hal yang membuat perusahaan optimistis bisa menjadi pemimpin pasar untuk segmen PC di kancah global. Salah satunya adalah pasar PC yang terus berkonsolidasi.

"Secara global, pasar PC akan menyentuh 200 miliar dollar AS, dan khusus untuk Asia Pasifik pasar akan mencapai 70 miliar dollar AS. Untuk itu, kami telah menyiapkan sejumlah langkah agar bisa menjadi pemimpin pasar PC secara global," ujarnya kepada Kompas Tekno di sela-sela acara Lenovo Tech World, Selasa (26/5/2015).

Dia menyebutkan, Lenovo akan fokus untuk menggarap pasar dengan menyediakan produk PC dengan spesifikasi yang beragam. Selain itu, perusahaan juga akan mengembangkan inovasi produk, utamanya untuk PC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com