Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Syarat Sambungkan Windows 10 ke Android dan iPhone?

Kompas.com - 28/05/2015, 16:35 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com
- Microsoft berniat menyematkan aplikasi bernama Phone Companion dalam Windows 10 yang akan diluncurkannya. Mereka mengklaim keberadaan aplikasi tersebut akan mempermudah pengguna menyinkronkan data-data PC dengan ponsel Windows, Android serta iOS.

"Tantangan paling nyata bagi orang-orang adalah mencari cara untuk membuat segala hal bisa bekerja bersamaan. Merujuk pada masalah itu, kami memberikan solusi berupa aplikasi Phone Companion yang hadir bersama Windows 10. Aplikasi ini membantu Anda menghubungkan PC dengan ponsel apapun," tulis Corporate Vice President, Operating System Group Microsoft Joe Belfiore dalam blog resmi Windows.

"Ketika Phone Companion berjalan di PC, selanjutnya Anda cukup memilih jenis ponsel yang digunakan. Bisa berupa ponsel Windows, Android atau iPhone," imbuhnya.

Meski disebut mempermudah sinkronisasi data, kenyataannya tidak sesederhana itu. Kemudahan hanya akan terasa seandainya yang disinkronisasi adalah ponsel Windows.

Menurut Joe, pengguna ponsel Windows memang tidak perlu menambahkan aplikasi apapun agar sinkronisasi lancar karena semua yang dibutuhkan sudah disematkan dalam ponsel buatan Microsoft itu.

Syarat Bagi Android dan iPhone

Sedangkan pengguna Android atau iPhone, tidak otomatis bisa melakukan sinkronisasi. Mereka akan diminta untuk memasang Cortana, OneDrive, Xbox Music, Skype, Office, Mail dan OneNote atau hanya memilih sebagian saja agar dapat tersinkronisasi.

Contohnya, aplikasi OneDrive harus terpasang dalam ponsel Android atau iPhone agar foto-foto bisa otomatis masuk ke penyimpanan cloud itu dan bisa diakses dari PC Windows 10.

Seperti dikutip KompasTekno dari TheVerge, Rabu (27/5/2015), Microsoft tampaknya berharap Phone Companion akan jadi salah satu daya tarik yang membuat pengguna Android dan iPhone mau menginstal aplikasi-aplikasi tersebut di atas.

Di sisi lain, aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan Phone Companion itu pun sudah memiliki fitur sinkronisasi. OneNote sudah dirancang agar dapat tersinkronisasi dengan Windows, iOS dan Android. Dokumen-dokumen dalam OneDrive pun telah dirancang serupa.

Namun demikian, keberadaan Phone Companion merupakan satu nilai tambah bagi Microsoft. Pengguna yang belum menyadari adanya fitur sinkronisasi di masing-masing aplikasi tersebut akan mulai mengenalinya ketika mereka menyalakan Phone Companion di Windows 10 nanti.

Saat ini, baik aplikasi Phone Companion maupun sistem operasi Windows 10 masih dalam pengembangan lebih lanjut. Raksasa piranti lunak itu berencana untuk meluncurkan sistem operasi pamungkasnya pada musim panas mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com