Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha “Mbah Google” Jadi Sobat "Netter" Indonesia

Kompas.com - 29/05/2015, 09:26 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Google? Mesin pencari terpopuler itu telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan netter dunia. Termasuk pula di Indonesia, di mana sang search engine sampai mendapat julukan “Mbah Google” layaknya seorang tua bijak.

Di era smartphone, Google ingin lebih jauh mendongkrak citra positif layanan mesin pencari miliknya, menjadi sesuatu yang lebih relevan dengan  kegiatan sehari-hari para pengguna

Boleh dibilang, si “mbah” sedang berupaya menjadi “sobat” netter Indonesia.

“Maksudnya ingin dijadikan ‘teman baik’, helpful buddy yang selalu siap membantu,” terang Consumer Marketing Manager Indonesia, Sandy Tantra, ketika mengadakan pertemuan dengan sejumlah jurnalis di kantor Google Indonesia, bilangan Senayan, Jakarta, Kamis (28/5/2015) kemarin.

Tujuan ini hendak dicapai dengan mengembangkan layanan pencarian berbasis suara di smartphone lewat aplikasi Google App, yang berfungsi layaknya asisten pribadi pengguna gadget ala Siri atau Cortana.

Aplikasi yang bisa ditemukan di platform Android dan iOS itu dulu bernama Google Search App, lalu diubah menjadi “Google App” saja karena fungsinya memang sudah berkembang.

Platform gadget mobile sengaja dipilih karena acapkali menjadi sarana utama untuk mengakses internet di negara-negara berkembang macam Indonesia. Gadget mobile macam smartphone pun cenderung selalu dibawa sehingga senantiasa tersedia kala pemiliknya butuh mencari atau mengakses informasi.

“Melalui smartphone kita sering mencari informasi, misalnya soal penutupan jalan ketika berlangsung acara besar,” kata Sandy mencontohkan. Di saat-saat seperti inilah, Google App berusaha menjadi sobat yang selalu sigap saat dibutuhkan.

Seperti bicara ke teman

Fungsi utama Google App sendiri tetap berkisar seputar pencarian dan penyajian informasi lewat mesin search engine Google.

Dengan dukungan teknologi Knowledge Graph, dalam menyajikan informasi, aplikasi ini bertindak “pintar” dengan menelaah maksud pengguna dan berinisiatif menyodorkan format hasil pencarian yang sesuai, tak cuma “blue links” atau laman yang penuh berisi tautan ke laman-laman lain.

Ketika ditanya apakah besok akan hujan, misalnya, ia akan menampilkan data perkiraan cuaca selama beberapa hari, lengkap dengan keterangan suhu rata-rata. Demikian pula saat diminta mencari restoran terdekat, yang langsung dilaporkan berikut petunjuk arah lewat layanan Google Maps.

Selain itu, Google App akan berinisiatif mencari dan menyodorkan informasi penting yang dibutuhkan pengguna sebelum diminta, misalnya saja perkiraan rute terbaik ke rumah di waktu pulang kantor atau jadwal penerbangan pesawat.

Menurut Sandy, hal ini dimungkinkan karena Google App mampu menelusuri segala macam informasi soal pengguna yang terhubung dengan akun Google, termasuk e-mail dan calendar.

Oik Yusuf/ Kompas.com Google App bisa dipanggil dengan sandi OK Google dan mengerti perintah suara dalam bahasa Indonesia

Agar lebih praktis untuk pengguna smartphone, Google App dibuat supaya mampu mengerti perintah suara, termasuk dalam bahasa Indonesia. Ucapan lisan untuk mencari pun tak perlu disuarakan dengan baku, karena si aplikasi ternyata mampu mengerti perkataan dalam bahasa percakapan sehari-hari.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com