Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Jadwal Peluncuran dan Harga Windows 10

Kompas.com - 01/06/2015, 09:35 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini, Microsoft "pelit informasi" perihal waktu rilis Windows 10. Raksasa software tersebut hanya mau membeberkan, sistem operasi terbaru itu bakal dirilis pada musim panas atau pertengahan tahun 2015.

Akan tetapi, entah disengaja atau tidak, situs jual-beli produk komputer Newegg telah menyantumkan waktu rilis dari Windows 10 di situs resminya. Dalam situs tersebut, situs tersebut membeberkan bahwa Windows 10 bakal dirilis pada 31 Agustus 2015 mendatang.  

Jika informasi itu benar, waktu rilis tersebut tampaknya lebih cepat dari apa yang dirumorkan selama ini. Beberapa waktu lalu, tersiar kabar, Microsoft baru akan merilis Windows 10 pada 29 Juli.

Selain informasi tanggal rilis, Newegg juga menampilkan harga dari seri Windows teranyar ini. Ada dua versi Windows 10 yang dijualnya, yakni Windows 10 Home dan Windows 10 Professional.

Dalam situs tersebut, seperti KompasTekno kutip dari The Register, Senin (1/6/2015), Newegg menjual Windows 10 Home dengan harga 109 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 juta. Sementara itu, versi Professional dilabeli harga 149 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta.

Harga-harga tersebut ditujukan bagi OEM atau pembuat komputer. Jadi, seharusnya harga dari sistem operasi versi retail bisa lebih murah ketimbang harga untuk para OEM.

Para pengguna sistem operasi Windows versi lama pun sebenarnya bisa mendapatkan Windows 10 secara cuma-cuma. Beberapa waktu lalu, Microsoft mengumumkan, sistem operasi terbaru ini bakal bisa diperoleh secara gratis oleh para pemilik komputer berbasis sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1.

Akan tetapi, masa gratis tersebut hanya berlaku selama satu tahun saja. Setelah masa promosi selesai, pengguna diharuskan untuk membayar lisensinya.

Hingga saat ini, Microsoft masih belum mau memberikan konfirmasinya perihal informasi yang dibagikan oleh Newegg tersebut. Waktu rilis dan harga masih bisa berbeda dari yang diutarakan oleh Newegg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com