Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Misterius "Buang" Komputer Apple Super-langka

Kompas.com - 01/06/2015, 11:44 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com — Seorang wanita misterius tanpa sadar "membuang" sebuah kotak berisi perangkat PC yang sangat langka, Apple I. Padahal, seharusnya, ia bisa saja mendapatkan uang setidaknya sebesar 100.000 dollar AS atau Rp 1,3 miliar dari hasil penjualan perangkat tersebut.

Wanita tersebut, seperti informasi yang KompasTekno rangkum dari Mashable, Senin (1/6/2015), menyerahkan beberapa kotak berisi barang milik suaminya yang baru meninggal kepada CleanBay Area, sebuah perusahaan yang menerima barang untuk didaur ulang.

Saat ditanya soal identitas diri, wanita itu tidak mau menyebutkannya secara detail. Jangankan alamat lengkap, namanya saja tidak diketahui. Ia pun menolak setruk pajak yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berlokasi di California tersebut.

Setelah menerima kotak tersebut, CleanBayArea mengaku tidak menyentuhnya selama sekitar dua minggu. Namun, betapa kagetnya mereka setelah mengecek kotak-kotak itu. Salah satunya ternyata berisi Apple I, sebuah produk PC sangat langka buatan Apple.

"Kami benar-benar tidak memercayai mata kami. Kami awalnya berpikir bahwa itu palsu," kata Victor Gichun, Vice President CleanBayArea.

Kemudian, perusahaan tersebut akhirnya melelang perangkat tersebut. Uang yang didapatkan setelah lelang tersebut sangat besar, yakni sebesar 200.000 dollar AS (sekitar Rp 2,6 miliar).

Sebagai iktikad baik, CleanBayArea ingin membagi dua hasil itu dengan wanita misterius tersebut. Saat ini, mereka mengaku sedang mencari data identitasnya.

"Kami mencari dia untuk memberikan 100.000 dollar AS," kata Gichun. Ia mengaku, meski tidak mengetahui nama si wanita itu, wajahnya masih sangat jelas terekam di ingatannya. Apabila bertemu kembali, Gichun mengaku masih bisa mengenalinya.

Apple I merupakan komputer pertama yang dibuat oleh Apple. Setiap perangkat tersebut dikerjakan langsung oleh Steve Wozniak pada tahun 1976. Menurut informasi, Apple I hanya dibuat sebanyak 200 unit.

Perangkat buatan perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut pun sangat diburu oleh para kolektor. Pernah pada suatu acara lelang tahun 2013, perangkat Apple I yang masih berfungsi terjual dengan harga 671.400 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com