Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Zenwatch 2 Meluncur seperti Apple Watch

Kompas.com - 01/06/2015, 16:00 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Tanpa disangka-sangka, Asus merilis jam tangan pintar berbasis Android Wear generasi terbarunya, Zenwatch 2 di pameran komputer Computex, Taiwan, Senin (1/6/2015). Generasi kedua dari Zenwatch ini tampak mengadopsi beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Watch, jam tangan pintar buatan Apple.

Salah satunya adalah tersedianya dua ukuran perangkat. Seperti KompasTekno rangkum dari Cnet, Zenwatch 2 hadir dalam ukuran yang cukup besar, yakni 49 mm dan 45 mm. Boleh jadi, Zenwatch 2 merupakan perangkat berbasis Android Wear pertama yang hadir dalam dua ukuran sekaligus.

Sebagai pembanding, Apple Watch memiliki ukuran 42 mm dan 38 mm.

Selain itu, tersedia tiga pilihan warna untuk Zenwatch 2, yakni rose gold, silver, dan gunmetal.

Sama seperti Apple Watch, Asus menyediakan berbagai pilihan tali untuk Zenwatch 2. Sebagai default, pembeli akan mendapatkan tali yang terbuat dari bahan stainles steel.

Jika tidak ingin menggunakan tali berbahan itu, pengguna bisa menggantinya dengan tali berbahan kulit atau karet. Apabila ingin tampil lebih mewah, Asus juga menyediakan tali yang dipercantik dengan kristal dari Swarovski.

Kesamaan lainnya dengan Watch adalah hadirnya sebuah tombol di bagian kanan perangkat. Tombol tersebut dikatakan mirip dengan tombol Digital Crown yang ada di Apple Watch.

Masih belum jelas apa fungsi dari tombol tersebut. Diduga, bagian ini bisa digunakan untuk melakukan navigasi, persis seperti fungsi Digital Crown. Dengan cara seperti ini, pengguna tidak harus mengusap layar sentuh untuk keperluan navigasi dalam sistem.

Asus masih belum memberikan informasi secara mendetail untuk spesifikasi Zenwatch 2 ini. Beberapa hal yang baru diketahui, Zenwatch 2 dilengkapi dengan layar Amoled yang dilindungi Gorilla Glass 3 dan dipersenjatai prosesor buatan Qualcomm.

Perangkat ini pun sudah dilengkapi kemampuan tahan air dan debu yang baik. Asus mempersenjatainya dengan sertifikasi IP67, yakni kemampuan bertahan di kedalaman 1 meter di bawah air selama 30 menit.

Di perangkat barunya ini, Asus memperkenalkan kabel charger magnetic. Di charger baru ini, Asus mengklaim bahwa waktu pengisian daya Zenwatch 2 bisa mencapai dua kali lebih cepat ketimbang generasi pertamanya.

Informasi perihal tanggal rilis dan harga dari perangkat ini masih belum dibeberkan oleh perusahaan asal Taiwan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com