Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Berotak AMD Carrizo Meluncur 19 Juni

Kompas.com - 03/06/2015, 11:58 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.comProsesor hemat daya AMD Carrizo resmi diumumkan pada hari ini, Rabu (3/6/2015). Perangkat laptop dengan prosesor tersebut akan mulai tersedia di pasaran pada pertengahan bulan ini.

AMD Desktop Product Marketing Manager Adam Kozak mengatakan, laptop pertama yang mengadopsi Carrizo akan diluncurkan pada 19 Juni mendatang.

Setelah produk pertama ini meluncur, Kozak memperkirakan beberapa vendor akan mengeluarkan lebih banyak varian lagi. Dia tidak dapat menyebutkan detil waktu peluncuran atau ketersediaan perangkat tersebut karena persoalan ini diserahkan sepenuhnya pada pihak OEM.

Dalam presentasi di acara itu disebutkan rekanan OEM yang dimaksud adalah Dell, Lenovo, Asus, Acer, HP dan Toshiba.

“Juli nanti, aka ada beberapa laptop lagi. Favorit saya, akan meluncur pada bulan ini. Sedangkan pada kuartal ketiga tahun ini, akan ada sejumlah seri high end. Jadi kita akan melihat laptop tradisional berbentuk kerang, kemudian yang lebih bagus dan tipis, lalu dilanjutkan dengan beberapa laptop gaming,” terang Kozak.

“Kemungkinannya laptop tersebut akan ditawarkan di rentang harga 400 dollar AS hingga 700 dollar AS (sekitar Rp 5,2 juta hingga Rp 9,2 juta). Saya suka cara produk tersebut keluar, mulai dari yang paling rendah, menengah, kemudian yang paling tinggi,” pungkasnya.

Prosesor Carrizo merupakan advance processing unit (APU) terbaru AMD yang dirancang menggunakan daya 15 watt hingga 35 watt. Meski dapat menggunakan daya rendah, mereka menjanjikan kinerja grafis mumpuni.

APU merupakan sebutan AMD untuk gabungan prosesor central processing unit (CPU) dan graphic processing unit (GPU) dalam satu chipset. Pada Carrizo ini, AMD menyematkan teknologi heterogenous system architecture (HSA) hubungan antara CPU dan GPU tersebut dapat lebih efisien dan cepat.

Vice President and General Manager Notebook Business Unit, Lenovo Group, Bai Peng mengatakan perusahaannya berniat memproduksi beberapa jenis laptop dengan AMD Carrizo. Salah satunya adalah laptop yang dapat ditekuk dari seri Flex 3.

“Kami akan segera meluncurkan beberapa platform Carrizo. Salah satunya adalah convertible laptop Flex 3.  CPU ini akan memberi nilai positif bagi kami karena fleksibel digunakan bermain game atau produktivitas,” ujarnya di sela acara Tech Day.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com