Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
APLIKASI

Nih… Cara Lebih Asyik Berburu Tempat "Hangout"!

Kompas.com - 03/06/2015, 13:45 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Kehadiran benda kecil bernama smartphone benar-benar mendukung gaya hidup yang semakin dinamis. Pengguna tak lagi memakainya untuk komunikasi semata, tapi juga membantu hari-harinya agar lebih mudah.

Lewat smartphone, pengguna dapat mencari banyak informasi termasuk urusan hangout. Dalam kebiasaan konservatif, mencari tempat hangout terbaik masih menjadi hal yang sulit. Selain pengalaman pernah mengunjungi tempat tersebut, orang hanya mengandalkan rekomendasi teman dan keluarga. Alhasil, tempat hangout yang dituju biasanya itu-itu saja.

Kini, berkat kemajuan teknologi, kebiasaan dan cara memburu tempat hangout mulai berubah. Cara-cara konvensional mulai ditinggalkan. Tanpa harus menunggu rekomendasi teman, pengguna bisa mencari sendiri tempat seru lewat ponselnya.

Masukkan saja kata kunci yang dicari, semua informasi pun lantas bermunculan. Saat ingin mencicipi kuliner Italia, misalnya. Anda bisa memasukan kata kunci ‘restoran Italia’ dan area di mana Anda berada dalam mesin pencari.

Cara tersebut ternyata tak efektif. Pengguna bisa saja mendapatkan rekomendasi dari ulasan blogger atau media massa. Hanya, alamat tempat yang dituju kadang tidak lengkap. Pengguna juga tak dapat mengira-ngira jauh atau dekatnya tempat tersebut dan lamanya waktu harus dijangkau menuju temat itu.

Cara efektif

Sebenarnya, memaksimalkan fitur peramban dapat dijadikan alternatif. Tak semua peramban memiliki fitur lengkap. Salah satu peramban yang memiliki fitur pencarian tempat adalah Baidu Browser. Peramban ini memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mencari tempat hangout.

Shutterstock Berkat kemajuan teknologi, kebiasaan dan cara memburu tempat hangout mulai berubah. Tanpa harus menunggu rekomendasi teman, pengguna bisa mencari sendiri tempat seru dengan ponselnya.

Ada fitur ‘life’ dalam peramban tersebut yang terintegrasi dengan geo location di dalam ponsel. Bila mode lokasi di pengaturan ponsel aktif, informasi mengenai tempat hangout terdekat secara otomatis akan langsung ditampilkan.

Ada empat kategori tempat yang dapat dicari, restoran, hotel, bar dan klub malam, serta belanja. Pengguna dapat mencari tempat hangout sesuai kategori kebutuhan. Misalnya, saat ingin mengisi perut, informasi mengenai  warung makan kecil hingga restoran mewah tersedia di dalamnya. Begitu pun saat ingin singgah ke kedai kopi, bar, hingga hotel berbintang.

Pengguna juga tak perlu dikhawatirkan dengan lokasi tempat tujuan. Ada informasi mengenai peta lokasi lengkap dengan jarak yang harus ditempuh. Pilihan ‘direction’ juga dapat digunakan bila tak ingin tersesat.

Tentu, fitur seperti ini memudahkan pengguna yang ingin mencari tempat hangout terbaik. Selain praktis, pengguna tak perlu menghabiskan waktu percuma untuk mencari info ke sana-kemari. Tertarik?

Baca juga: Makin "Melek" Internet, Orang Makin Mudah Belanja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com