Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Pamerkan Layar yang Bisa Digulung

Kompas.com - 04/06/2015, 07:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Setelah TV super-tipis yang bisa ditempel di tembok layaknya wallpaper, kini LG sedang bersiap memamerkan layar jenis baru pada konferensi Society for Information Display 2015 di AS, minggu ini.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Cnet, Rabu (3/6/2015), layar fleksibel berukuran 18 inci dengan teknologi OLED atau organic light-emitting diode itu bisa digulung dengan radius 3 cm layaknya kertas, tanpa memengaruhi tampilannya.

Kehadiran "layar gulung" ini sebenarnya telah diketahui sejak pertengahan tahun lalu. Ketika itu, LG menjanjikan bahwa mereka bakal berupaya meningkatkan ukurannya dari 18 inci menjadi lebih dari 60 inci pada 2017.

OLED dipercaya bakal menjadi masa depan industri display. Teknologi ini pula yang bulan lalu memungkinkan terwujudnya TV "wallpaper" berukuran 55 inci yang tebalnya kurang dari 1 mm.

Layar OLED pun menghasilkan cahaya sendiri sehingga tidak memerlukan bantuan backlight seperti halnya panel LCD. Inilah mengapa teknologi display tersebut bisa dipakai membuat layar super-tipis.

Pabrikan-pabrikan elektronik besar, seperti LG, Samsung, dan Sony, telah memproduksi layar OLED. Namun, volume produksi mereka untuk saat ini masih rendah sehingga harga produk relatif tinggi.

Harga TV OLED 65 inci 4K dari LG, misalnya, mencapai 9.000 dollar AS atau lebih dari Rp 118 juta.

Walau demikian, LG tetap yakin dengan masa depan OLED, dan terus mendorong pengembangan layar jenis ini. Namun, perusahaan ini masih belum mengungkapkan kapan layar fleksibel itu akan tersedia untuk konsumen, atau bagaimana implementasinya dalam bentuk produk jadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com