Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Pastikan Fiji Meluncur 16 Juni

Kompas.com - 04/06/2015, 11:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com – Dari atas panggung AMD Tech Day, Computex 2015, President and Chief Executive Officer AMD Lisa Su memamerkan graphics processing unit (GPU) berkode nama Fiji. GPU ini disebut akan meluncur pada 16 Juni mendatang.

“Jangan lupa untuk datang. Kami punya prosesor grafis baru,” ujarnya memberikan kisi-kisi singkat, Rabu (3/6/2015).

Prosesor grafis ini dinanti-nantikan para penggemar AMD serta sempat diprediksi akan meluncur dalam ajang Computex 2015 ini. Namun saat hari yang diharapkan itu tiba, mereka hanya mengumumkan kisi-kisi berupa tanggal peluncurannya saja.

AMD Fiji merupakan GPU terbaru mereka yang mengadopsi teknologi High Bandwidth Memory (HBM). Teknologi ini meningkatkan kinerja prosesor grafis dan membuat konsumsi daya lebih efisien.

HBM menjanjikan kinerja 3,5 kali lebih cepat dibanding bandwidth per watt pada chip memori yang menggunakan GDDR5. Bila umumnya chip memori diletakkan bersisian, HBM justru menumpuk dan menghubungkannya dengan kabel berkecepatan tinggi.

Teknologi memori tersebut juga dikatakan bisa menyusutkan ukuran GPU atau menambahkan memori di area yang sama. Efeknya, circuit board yang mengadopsi prosesor ini akan memiliki ruangan kosong yang lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com