Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad Akhirnya Bisa "Multitasking" seperti Galaxy Tab

Kompas.com - 09/06/2015, 09:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Salah satu hal yang banyak dikeluhkan pengguna dari Apple iPad adalah tablet ini tak bisa menampilkan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan sehingga ruang lebar di layarnya terkesan percuma.

Di update sistem operasi iOS 9, Apple memperbaiki hal tersebut dengan memperkenalkan beberapa mode multitasking baru.

"iPad selalu mendukung beberapa bentuk multitasking," ujar Senior Vice President Software Engineering Apple Craig Federighi ketika berbicara saat perkenalan iOS 9 dalam konferensi WWDC 2015, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Cnet, Selasa (9/6/2015).

"Tapi pada iOS 9, kami meningkatkannya menjadi sesuatu yang baru," lanjut Federighi, mengacu pada kemampuan multitasking iPad di iOS 9.

Multitasking iPad di iOS 9 nantinya bakal tersedia dalam dua mode berbeda. Yang pertama bernama "Split View", di mana dua aplikasi ditampilkan secara berdampingan di layar.

Mode kedua adalah "Slide Over" yang menungkinkan pengguna dapat menggeser aplikasi kedua dari pinggir layar tanpa harus menutup aplikasi pertama yang sedang berjalan.

Ada pula fasilitas "picture-in-picture", yakni pemutaran video dalam window kecil sambil browsing.

Fitur-fitur multitasking di atas  sudah lebih dulu ditemukan di produk-produk gadget pesaing Apple, seperti seri Galaxy Tab dari Samsung dengan mode multi-window. Apple baru kali ini menyusul.

Mode multitasking "Split View" hanya akan tersedia di tablet iPad Air 2, sementara Split View bisa dipakai oleh pengguna iPAd Air, iPad Air 2, iPad Mini 2, dan iPad Mini 3.

iOS 9 sendiri kini baru tersedia dalam versi beta. Versi finalnya akan menyusul dirilis menjelang akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com