Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Kenalkan OS X "El Capitan", Mirip Windows 8

Kompas.com - 09/06/2015, 15:47 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Apple telah mengumumkan OS X "El Capitan" sebagai nama sistem operasi komputer Mac. Salah satu hal yang menarik dari sistem operasi ini adalah kehadiran fitur split view, mirip dengan fitur pada Windows 8 buatan Microsoft.

Fitur split view ini berguna ketika menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Aplikasi akan membagi dua layar dan ditampilkan berdampingan antara sisi kanan serta kiri.

Saat mode split view tersebut dijalankan, pengguna bisa membagi atau memindahkan konten dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Selain itu, pengguna pun bisa dengan mudah membuka split view baru dengan cara menggeser dan menyatukan dua aplikasi berbeda dalam mode Mission Control.

Seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Selasa (9/6/2015), kemampuan sistem operasi baru ini tidak terbatas pada split screen. Apple mengembangkan MacOS X versi 10.11 dengan tujuan memperkaya user experience penggunanya.

Pembaruan lainnya dapat dilihat pada dukungan terhadap natural-languages queries dalam kolom Spotlight Search. Kini pengguna dapat menggunakan kalimat tertentu untuk mencari dokumen atau e-mail, misalnya dengan mengetik "dokumen yang saya kerjakan pada bulan Juni".

Pengguna "El Capitan" juga mendapatkan fitur Swiping Gestures, seperti yang terdapat di iOS. Ketika membuka aplikasi Mail, misalnya, pengguna akan dapat mengusapkan kursor ke arah kanan untuk menandainya atau ke kiri untuk memasukkannya ke tempat sampah.

Perubahan terbesar dari sistem operasi ini adalah hadirnya mesin pemrosesan grafis bernama Metal. Sebelumnya, mesin pemrosesan grafis ini telah digunakan di iOS.

Dengan hadirnya Metal pada Mac OS X El Capitan, para pengembang game bisa lebih mudah membuat game mereka dalam versi desktop. Selain itu, Metal juga berguna untuk menjalankan aplikasi multimedia berat, seperti Adobe Photoshop atau Illustrator.

Para developer sudah dapat mencoba Mac OS X El Capitan mulai hari ini dalam versi beta. Sedangkan pengguna lain masih harus menunggu musim gugur mendatang untuk mendapatkan rilis resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com