Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren Janjikan Lebih Banyak Andromax "Cyanogen"

Kompas.com - 10/06/2015, 09:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Debut custom ROM Cyanogen OS di produk ponsel pintar besutan Smartfren ditandai oleh kehadiran model smartphone 4G Andromax Q dalam acara peluncuran di Jakarta, Selasa (9/6/2015).

Menurut pihak Smartfren, Andromax Q tidak akan menjadi model smartphone satu-satunya yang dibekali Cyanogen OS.

"Ini (Andromax Q) adalah yang pertama, tapi di masa depan kami akan memakai Cyanogen untuk smartphone Andromax lain juga," kata Kepala Divisi Smartphone Smartfren Telecom Sukaca Purwokardjono saat berbicara di panggung acara.

Pihak Smartfren pada Maret lalu turut berinvestasi dalam pendanaan seri-C untuk perusahaan startup pengembang Cyanogen.

Pendanaan itu menjadi langkah awal bagi perusahaan rintisan tersebut untuk melipatgandakan jumlah smartphone yang memakai Cyanogen OS, salah satunya adalah melalui lini produk Smartfren Andromax.

Andromax Q sendiri menggunakan custom ROM Cyanogen OS 12 berbasis sistem operasi Android 5.0 Lollipop yang menyatukan elemen visial material design, motion, dan interactive design.

Dibandingkan OS Android konvensional, Cyanogen OS menawarkan sejumlah kelebihan seperti kemampuan modifikasi tema yang lebih mendalam serta fitur kamera, audio, dan keamanan yang beraneka ragam.

Pihak Cyanogen melalui SVP Global Partnership & Distribution Vikram Natarajan menjanjikan para pemilik ponsel Andromax berbasis Cyanogen OS akan terus mendapat update sistem operasi.

"Begitu ada update Android Cyanogen baru, kami akan langsung kirimkan ke Anda secara over-the-air. Kami akan mengurus hal itu," ujar Vikram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com