Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 9 Diklaim Bikin Bingung Peretas

Kompas.com - 10/06/2015, 12:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Jumlah digit untuk sandi keamanan pada iPhone dan iPad ditambah. Dari yang sebelumnya empat digit menjadi enam digit.

Dilansir KompasTekno, Selasa (9/6/2015) dari The Verge, langkah ini merupakan pemutakhiran bawaan iOS 9 untuk meningkatkan standar keamanan bagi pengguna perangkat Apple.

Walau terkesan sederhana, mekanisme sandi yang baru dipercaya efektif menghadang serangan peretas. Pasalnya, pada sandi 4 digit, ada 10.000 kemungkinan kombinasi. Sementara itu, sandi enam digit menyediakan 1 juta kemungkinan kombinasi.

Hanya dengan menambahkan dua digit, kemungkinan kombinasinya bisa berlipat ganda. Peretas pun akan semakin bingung memprediksi sandi yang tepat untuk menjahili data dalam perangkat pengguna.

''Dengan 1 juta kemungkinan, perangkat pengguna akan sulit diretas,'' kata perwakilan Apple.

Diketahui, penebakan sandi dengan empat digit normalnya memakan waktu 12 hingga 117 jam. Untuk sandi enam digit, tentu saja waktu yang dibutuhkan bakal lebih lama.

Walau begitu, standar enam digit belum bisa disebut sebagai jaminan keamanan perangkat. Sebab, beberapa modus peretasan menggunakan penebakan awal untuk membuka sandi pengamanan perangkat. Di antaranya ada yang beruntung bisa menebak sandi dengan benar.

Tapi, setidaknya standar sandi enam digit bisa menjadi penghadang tambahan untuk mengamankan data pengguna. Di antara perangkat-perangkat Apple yang bakal kebagian adalah iPhone 5S, 6, 6 Plus, iPad Air 2 dan iPad Mini 3. Tentu, setelah iOS 9 resmi dirilis akhir tahun nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com