Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Layar 4K Pertama Buatan ZTE?

Kompas.com - 11/06/2015, 12:32 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - ZTE dikabarkan bakal segera merilis smartphone dengan dukungan layar 4K pertama di dunia. Perangkat tersebut dikatakan bakal diberi nama Star 3.

Seperti KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Rabu (10/6/2015), berdasarkan gosip yang berkembang di Tiongkok, Star 3 bakal dilengkapi dengan layar 5,5 inci dengan dukungan resolusi 3.840 x 2.160 piksel dengan tingkat kerapatan layar 806 piksel per inci.

Rumor lainnya juga menyebutkan bahwa ZTE Star 3 akan menggunakan panel TFT dengan struktur kristal spesial yang diklaim dapat mengurangi konsumsi daya. Bahan itu juga dikatakan bisa memperkuat ketahanan layar.

Kabar ihwal layar itu sendiri sebenarnya masih banyak diragukan. Pasalnya, perusahaan lain masih cukup sulit mengembangkan layar tersebut.

Sebagai contoh, Sharp beberapa waktu lalu menjadi yang pertama memperkenalkan smartphone dengan layar 4K. Ponsel tersebut bakal hadir dengan bentang layar 5,5 inci dengan dukungan 4K, dengan kerapatan 806 piksel per inci, sama dengan Star 3.

Akan tetapi, Sharp mengaku belum siap untuk memproduksi secara massal layar tersebut, setidaknya hingga tahun 2016.

Jika Sharp saja, yang merupakan salah satu perusahaan layar terbesar di dunia, mengaku sulit, bagaimana ZTE bisa merilis perangkat seperti itu, bukan?

Meski masih cukup diragukan, ZTE kabarnya menggunakan layar buatan perusahaan Tiongkok lainnya, BOE.

Sayangnya, belum ada rumor apa pun mengenai spesifikasi hardware yang akan dipersenjatai di perangkat tersebut. Tanggal peluncurannya dan perkiraan harganya pun masih menjadi misteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com