Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujud Headset VR Oculus Rift yang Dijual Bebas

Kompas.com - 12/06/2015, 13:22 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat perangkat virtual reality (VR) Oculus akhirnya memamerkan wujud headset Rift yang akan dijual bebas. Bentuknya berupa kacamata berukuran jumbo yang memiliki lampu LED di bagian depannya.

Rift dibungkus dengan bahan berwarna hitam, sedangkan di baliknya terdapat dua buah layar OLED untuk menampilkan dunia virtual. Di kanan dan kirinya masing-masing tersemat headphone yang bisa dilepas.

Oculus merancang Rift agar bisa dipakai oleh pengguna yang berkacamata. Dengan demikian, Anda tidak perlu melepas kacamata minus yang biasa dipakai ketika akan menyelami dunia virtual dari headset ini.

Jarak antara mata dengan lensa Rift juga bisa diatur dengan mudah melalui sebuah slider, sehingga siapapun bisa menyesuaikan sendiri ukurannya agar pas di wajah.

3News Penampilan Oculus Rift saat dipakai untuk bermain game

Pengguna yang membeli headset virtual reality (VR) tersebut akan mendapatkan paket berupa controller Xbox One dan sebuah kamera yang berguna melacak gerakan kepala penggunanya melalui lampu LED pada Rift.

Oculus bekerja sama dengan Microsoft agar headset buatannya dapat dipakai di Windows 10. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakannya untuk memainkan game Xbox One.

"Kami ingin merevolusi dunia game dan mengubah cara kita menikmati hiburan. Dan akhirnya kami siap mewujudkannya dalam dunia VR," ujar CEO Oculus Brendan Iribe, seperti dilansir KompasTekno dari Techcrunch, Jumat (12/6/2015).

Headset Oculus Rift ini dapat dicoba di ajang E3 pekan mendatang. Di sana, mereka juga berniat memajang sebuah prototype Oculus Touch controller yang merupakan pengendali game berteknologi motion-tracking.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com