Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uber Bikin Game agar Pengemudi Hafal Jalan

Kompas.com - 13/06/2015, 08:32 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Penyedia sewa mobil Uber punya cara yang unik nan menyenangkan untuk mengenalkan jalan sebuah kota kepada pengemudinya. Cara tersebut adalah dengan melalui aplikasi game yang dinamakan UberDrive.

Tampilan antarmuka dari game itu sendiri berbentuk peta dari sebuah kota. Untuk saat ini, aplikasi tersebut baru mendukung kota San Francisco, AS saja.

Tujuan dari permainan ini, seperti KompasTekno kutip dari Tech Crunch, Jumat (12/6/2015), pemain harus mengumpulkan nilai setinggi mungkin dengan cara mengantarkan penumpang ke tempat tujuannya dengan jalan seefektif mungkin.

Dengan cara seperti itu, diharapkan pengemudi dapat mengetahui cara terbaik menuju sebuah lokasi di sebuah kota.

Dengan semakin besar poin yang dikumpulkan, nantinya pemain bisa mendapatkan jenis mobil baru dan area lain di kota itu.

Keunikan lain, Uber menyertakan informasi mengenai lokasi dan juga tempat wisata tertentu, berikut dengan sebuah kuis untuk menambah tantangan. Dengan fitur ini, pengemudi diharapkan setidaknya juga bisa dijadikan semacam panduan bagi para turis yang menggunakan layanan tersebut.

Di sepanjang permainan, pemain nantinya akan disemangati oleh seorang karakter wanita bernama Miss Emily. Uniknya, karakter tersebut ternyata berdasarkan tokoh nyata bernama Emily Weslosky yang saat ini bekerja sebagai manager operasi pengemudi Uber.

Game ini sendiri sebenarnya tidak serta-merta ditujukan untuk kalangan pengemudi Uber saja. Aplikasi UberDrive ternyata digunakan juga untuk merekrut pengemudi baru. Setelah melewati beberapa tingkatan, nantinya aplikasi tersebut secara otomatis akan bertanya, apakah pemain ingin mendaftar menjadi pengemudi Uber atau tidak.

Saat ini, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, UberDrive baru mendukung kota San Francisco. Akan tetapi, mengingat Uber sudah beroperasi di Indonesia, bukan tidak mungkin aplikasi versi kota Jakarta juga bakal hadir.

Aplikasi UberDrive saat ini baru tersedia untuk platform iOS saja. Belum ada informasi kapan Uber akan merilis versi Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com