Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Luncurkan YouTube Gaming

Kompas.com - 14/06/2015, 12:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PCWorld

KOMPAS.com - Rumor yang menyebutkan bahwa Google sedang bersiap menyaingi Twitch ternyata memang benar. Raksasa internet tersebut minggu ini memperkenalkan YouTube Gaming, situs video streaming khusus gamer.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari PCWorld, Sabtu (13/6/2015), YouTube Gaming diposisikan sebagai layanan yang terpisah dari situs utama YouTube. Seperti  Twitch, menu utamanya berupa streaming video terkait game, baik secara live maupun on-demand.

“Anda bisa mencari konten dengan percaya diri setelah mengetahui bahwa mengetik kata “call” akan memunculkan ‘Call of Duty’ (nama game), dan bukan ‘Call Me Maybe’ (nama video musik),” sebut Product Manager Google Alan Joyce dalam sebuah posting blog mengenai YouTube Gaming.

YouTube Gaming antara lain mengandalkan kemampuan streaming video 60 FPS yang penting untuk merekam dan menonton video yang diambil dari game. Selain itu, Google juga menjanjikan fasilitas broadcasting ke YouTube dengan cara mudah.

Lebih dari 25.000 judul game akan memiliki landing page masing-masing di YouTube gaming, berikut dengan kandal-kanal dari perusahaan game dan rekanan content creator YouTube.

Saat ini layanan YouTube Gaming baru dijadwalkan akan tersedia di AS dan Inggris, sekitar pertengahan 2015.

Kehadiran YouTube Gaming sebenarnya sudah tercium pada Maret lalu, setelah kegagalan Google mengakuisisi Twitch, yang akhirnya dibeli oleh Amazon senilai 970 juta dollar AS pada 2014.

Twitch merupakan layanan serupa YouTube Gaming yang selama ini mendominasi ranah streaming video, livestream, dan broadcast sesi permainan dari game dengan angka viewer mencapai 100 juta per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com