Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Dotcom Tidak Perpanjang Domain Berawalan "Mega"

Kompas.com - 15/06/2015, 15:01 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa domain berawalan "Mega" milik Kim Dotcom kini telah kadaluarsa dan dijual bebas. Bahkan ada juga domain yang telah dibeli oleh perusahaan lain kemudian digunakan untuk membuat layanan baru.

Beberapa domain yang sudah masuk daftar jual antara lain, megacar.com, megagogo.com, dan megapix.com. Nama yang disebutkan terakhir ditawarkan seharga 35.000 dollar Amerka Serikat (AS) atau sekitar Rp 466 juta.

Sedangkan megagogo.com saat ini sudah diambil alih oleh perusahaan HugeDomains dan ditawarkan seharga 2695 dollar AS atau sekitar Rp 35 juta.

"Domain tersebut (megagogo.com) tidak diperpanjang oleh pemiliknya. HugeDomains pun mengambil alihnya pada 22 Januari 2015, ketika domain itu ditawarkan kembali untuk publik," terang juru bicara perusahaan itu.

Selain domain yang masuk daftar jual, kini ada juga yang sudah kembali aktif. Salah satunya adalah megabackup.com yang menawarkan solusi backup data.

Namun perusahaan di balik megabackup.com yang baru mengatakan pihaknya tidak terkait dengan entrepreneur kontroversial itu.

"Kami adalah startup software yang independen. Tidak ada hubungannya dengan Megaupload dan sejenisnya," terang juru bicara perusahaan,

"Domain megabackup.com ini kamu beli melalui reseller bernama Sedo sekitar setahun lalu. Nama ini terlihat menarik dan cocok dengan backup software buatan kami," imbuhnya.

Saat Kim Dotcom Mansion digerebek oleh FBI awal 2012 lalu, sebenarnya Megaupload dan seluruh domain yang berhubungan dengan Mega Conspiracy telah ditutup. Domain megacar.com, megagogo.com, megapix.com serta megabackup.com pun termasuk di dalamnya.

Tapi seperti dikutip KompasTekno dari TorrentFreak, Senin (15/6/2015), empat domain yang kini muncul ke publik itu tak termasuk daftar cekal resmi. Artinya, siapapun bisa mengambil alih kepemilikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com