Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aplikasi Android Sambut Ramadhan

Kompas.com - 16/06/2015, 06:57 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan pengembang aplikasi Badr Interactive meluncurkan empat aplikasi terbarunya untuk platform Android, yaitu aplikasi “Masjeed”, “Dua in Quran”, “Learn Quran,” dan "Quran Prize." Semuanya dirilis berdekatan dengan bulan Ramadhan.

Masjeed adalah social media yang berbasis aktivitas dan lokasi masjid," ujar CEO Badr Interactive, Andreas Senjaya dalam keterangan tertulisnya yang diterima KompasTekno, Senin (15/6/2015).

"Dua in Quran" adalah aplikasi yang berisi kumpulan doa-doa di dalam Al-Quran. "Kami satukan dalam sebuah aplikasi agar mudah diakses, dan bisa kita jadikan doa yang kita baca secara rutin”, tambah Jay, sapaan akrab Andreas Senjaya.

Aplikasi “Learn Quran” dijelaskan Jay adalah aplikasi yang ditujukan bagi pengguna yang ingin belajar membaca Al-Quran dengan fasih menurut kaidah bahasa Arab dan tajwid yang benar.

Sementara itu, aplikasi “Quran Prize” ditujukan untuk para penghafal Quran. Dengan Quran Prize, para penghafal Quran bisa menguji kekuatan penguasaan mereka terhadap Al-Quran melalui berbagai challenge yang diberikan di web Quran Prize.

Dalam “Quran Prize”, kemampuan hafalan pengguna dihitung ke dalam skor “Quran Prize Score”, atau QPS.

“Ini semacam skor TOEFL atau IELTS dalam mengukur kemampuan Bahasa Inggris”, ujar Jay.

Menurut Jay, melalui keempat aplikasi di atas, Badr Interactive ingin meramaikan ekosistem digital dengan konten-konten bernilai Islami.

“Konten-konten digital akan semakin lekat dengan kehidupan masyarakat modern, kita perlu menyajikan alternatif yang bernilai positif sehingga teknologi tak hanya melulu kita cemaskan dampaknya, tetapi juga bisa kita rasakan manfaat dan kebaikannya”, pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com