Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Hasil Uji Jaringan Indosat di Jalur Pantura

Kompas.com - 17/06/2015, 08:49 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Operator Indosat melakukan modernisasi jaringannya di sepanjang jalur pantai utara Jawa (Pantura) sebagai bentuk persiapan menghadapi lonjakan lalu-lintas seluler (teks, suara, data) menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2015.

Guna memastikan jaringannya siap melayani pelanggan di jalur mudik tersebut, Indosat pada Selasa (16/6/2015) melakukan uji jaringan (drive test) di rute Tegal - Pekalongan.

Rute ini dipilih oleh Indosat dengan alasan lalu-lintas di jalur kedua kota itu yang paling tinggi di sepanjang jalur Pantura.

"Sekarang jalan  tol mudik baru sampai Brebes, nanti kalau musim mudik tiba, penumpukan (lalu-lintas) akan ada di Tegal dan Pekalongan karena exit tol ada di sini," ujar Joko Riswanto, Head of Dovision Network Optimization Indosat kepada perwakilan media yang mengikuti uji jaringan, termasuk KompasTekno.

Dari pantauan KompasTekno, uji jaringan yang dilakukan di jalur Tegal hingga Pekalongan, kecepatan downlink data seluler Indosat mencapai 13,62 Mbps dan uplink 1,68 Mbps.

Sementara saat jaringan Indosat dipakai untuk melakukan download dan upload file sebesar 1 GB melalui protokol FTP, kecepatan puncaknya mencapai 19,6 Mbps (download) dengan rerata 9,8 Mbps.

Sementara kecepatan upload dengan penujian yang sama didapat kecepatan puncak 336,9 Kbps (0,3 Mbps) dengan kecepatan rata-rata 168,4 Kbps (0,1 Mbps).

Reska K Nistanto/KompasTekno Speedtest Saat Uji Jaringan Indosat di Pantura, 16-17 Juni 2015.
Indosat juga melakukan uji streaming video Full HD 1080p melalui situs video YouTube. Pengalaman KompasTekno, video sempat beberapa kali tersendat (buffering). Saat menurukan resolusi video ke standar HD (720p) membuat pengalaman streaming YouTube di jalur pantura lebih lancar.

Reska K Nistanto/KompasTekno Menonton video YouTube saat uji jaringan Indosat di jalur Pantura 2015.
Tak hanya menguji kualitas datanya saja, kali ini Indosat juga menguji layanan suara HD Voice. Fitur ini sudah dimiliki sekitar 200-an smartphone yang beredar di seluruh dunia, dan memungkinkan pelanggan Indosat mendapatkan kualitas layanan suara yang lebih jernih.

Pengalaman KompasTekno, fitur HD voice di jaringan Indosat terdengar layaknya suara stereo dengan background noise yang lebih sedikit.

Reska K Nistanto/KompasTekno Mencoba layanan HD Voice saat uji jaringan Indosat di jalur Pantura, Juni 2015.

"Pengujian kali ini membuktikan bahwa baik coverage, quality dan service Indosat berjalan dengan baik" kata Joko di tengah perjalanan.

Dengan demikian, Joko yakin Indosat telah siap menghadapi lonjakan traffic di musim Ramadhan dan Lebaran 2015.

Namun yang perlu diingat adalah, drive test jaringan Indosat kali ini dilakukan pada saat traffic lengang. Hasil yang berbeda bisa saja didapatkan saat traffic padat, seperti saat puncak arus mudik dan arus balik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com