Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Pinjam Teknologi Ponsel Nokia

Kompas.com - 17/06/2015, 11:50 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Nokia tak lagi memproduksi ponsel cerdas sendiri. Namun, perusahaan Finlandia tersebut masih mengantungi sekitar 30.000 portofolio paten teknologi.

Sayang jika dianggurkan dan agar tetap menghasilkan uang, Nokia pun melakukan kerja sama lisensi paten smartphone dengan LG Electronics.

Pada Selasa (16/6/2015), keduanya telah sepakat bakal berbagi hasil untuk lisensi dan paten yang digunakan LG ke depan dari Nokia. Dengan perjanjian ini, LG menjadi vendor pertama yang menggunakan lisensi Nokia sejak divisi perangkat Nokia dicaplok Microsoft.

Ada lebih dari 60 lisensi Nokia yang rencananya akan dipakai LG. Semua itu terdiri dari teknologi komunikasi untuk jaringan 2G, 3G, dan 4G.

"Kami senang menyambut LG Electronics untuk program lisensi ini. Kami bekerja secara konstruktif dengan pendekatan keuntungan bersama. Skema ini akan membawa kami untuk kolaborasi yang lebih jauh nantinya,'' kata President of Nokia Technologies, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno.

Sejauh ini, LG maupun Nokia belum membeberkan rincian pembagian hasil dari kemitraan tersebut. Tampaknya kedua pihak menjunjung asas kepercayaan bersama.

Pembayaran royalti keduanya diisyaratkan akan jelas dalam satu hingga dua tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com