Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempel Alat Ini, iPhone Bisa Jadi "DSLR"

Kompas.com - 20/06/2015, 13:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Kamera pada iPhone termasuk bisa diandalkan untuk ukuran smartphone, tapi bagaimana jika pemiliknya membutuhkan tangkapan gambar lebih berkualitas dan tak mau membawa kamera digital berukuran besar?

Kebutuhan itulah yang agaknya dibidik oleh DXO Labs dengan merilis modul kamera khusus iPhone dan iPad bernama DxO One.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari PetaPixel, Sabtu (20/6/2015), di dalam modul kamera yang terhubung ke perangkat melalui port lightning ini tertanam sebuah sensor CMOS BSI berukuran 1 inci dengan resolusi 20.2 megapixel.

Lensanya memiliki focal length 32 mm (ekuivalen 35mm) dengan bukaan f/1.8 dan iris 6 bilah. Semua komponen itu dimuat dalam kemasan setinggi 7 cm dan bobot 108 gram sehingga bisa muat dengan mudah di dalam kantung pakaian atau genggaman tangan.

Meski ukurannya relatif kecil, DXO One diklaim mampu menghasilkan tangkapan gambar dengan kualitas setara kamera DSLR "full-frame".

DXO Labs Ilustrasi penggunaan modul kamera DXO One

Karena tidak memiliki layar, DXO One mesti dipakai bersama dengan perangkat iPhone atau iPad, berikut aplikasi iOS pendamping yang terpasang di gadget mobile bersangkutan. DXO One bisa diputar 60 derajat ke arah depan dan belakang begitu terhubung melalui port lightning.

Pengguna melakukan framing dari layar smartphone atau tablet. Sejumlah parameter seperti aperture, shutter speed, dan ISO bisa diatur secara manual. Kemampuan lain termasuk perekaman video full-HD (1920x1080, 30 FPS) dan HD (1280x720, 120 FPS).

Modul kamera DXO One dijadwalkan mulai memasuki pasar pada September mendatang. Banderol harganya dipatok pada kisaran 600 dollar AS atau setara dengan Rp 8 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com