Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp, Perusahaan Teknologi Paling Tidak Aman

Kompas.com - 20/06/2015, 17:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — WhatsApp dinobatkan sebagai perusahaan teknologi terburuk dalam hal pengamanan privasi pengguna. Hal ini diungkap The Electronic Frontier Foundation (EFF) dalam laporan tahunannya.

WhatsApp bersama dengan AT&T hanya mendapat satu bintang dari lima indikator penilaian yang tersedia. Satu bintang tersebut merefleksikan keikutsertaan WhatsApp menentang pembocoran informasi penggunanya.

Namun, pada indikator penilaian lainnya, WhatsApp dinilai masih kurang cakap. Dilansir KompasTekno, Jumat (19/6/2015) dari Cnet, WhatsApp dianggap tak menerapkan praktik-praktik terbaik yang mengikuti standar keamanan industri lain.

Layanan chatting tersebut juga dianggap kurang informatif terkait beberapa isu. Misalnya, isu penghapusan konten tertentu yang diimbau pemerintah dan kebijakan terkait penyimpanan data.

Beberapa raksasa teknologi yang dinilai paling aman adalah Adobe, Apple, Dropbox, Yahoo, dan Wordpress. Keempatnya memenuhi semua standar keamanan bagi pengguna.

Adapun perusahaan yang juga dianggap kurang aman, tetapi masih di atas WhatsApp adalah Google dan Microsoft. Keduanya mendapat tiga bintang.

Fakta ini cukup aneh. Pasalnya, Google dan Microsoft selama ini sesumbar terkait perhatian mereka terhadap pentingnya perlindungan keamanan bagi pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com