Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Punya Akun Twitter Baru

Kompas.com - 21/06/2015, 09:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widowo (Jokowi) memperkenalkan akun Twitter barunya, yaitu @jokowi. Tweet pertama akun Twitter baru tersebut dibuat bersamaan dengan hari ulang tahun Jokowi yang ke-54, yaitu pada Minggu (21/6/2015).

"Alhamdulillah bisa sahur bersama keluarga. Selamat berpuasa saudaraku semua. Ini tweet pertama saya sebagai presiden. -Jkw," demikian kicau akun @jokowi yang disertai inisial namanya di belakang Tweet.

Dalam bio-nya, @jokowi menulis "Akun resmi Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia." Akun tersebut juga telah mendapat verifikasi dari Twitter, terbukti dengan adanya tanda centang putih dengan lingkaran biru di belakang nama akunnya.

Menurut Twitter, akun @jokowi sudah dibuat sejak September 2011. Bisa jadi akun tersebut sebelumnya dibuat oleh orang lain, lalu diambil alih oleh Presiden Jokowi.

Twitter memang memiliki kebijakan siapa saja boleh mengambil alih suatu akun jika sudah tidak aktif lagi dalam jangka waktu tertentu, atau meniru orang lain (personifikasi).

Belum jelas mengapa Presiden Jokowi membuat akun Twitter baru setelah menjabat sebagai Presiden RI. Sebelumnya, saat menjabat sebagai Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi diketahui memiliki akun Twitter @jokowi_do2.

Pengamatan KompasTekno, akun @jokowi_do2 saat ini telah "digembok" alias diproteksi. Hanya follower yang diizinkan saja yang bisa melihat tweet akun tersebut.

Saat berita ini dinaikkan, akun @jokowi sudah mendapatkan sekitar 2,8 juta pengikut (follower). Sementara @jokowi mem-follow 49 akun, yang sebagian besar adalah akun Menteri-menteri dalam kabinetnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com