Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bisa Kenali Orang Tanpa Lihat Wajah

Kompas.com - 25/06/2015, 10:16 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com — Jangan kaget jika suatu saat nanti Facebook bisa tahu siapa saja orang yang ada dalam album foto Anda. Ya, meskipun orang-orang dalam foto itu berusaha menjulurkan rambut sampai menutup wajah, atau mungkin menyensor wajah sendiri, jejaring sosial itu akan tetap bisa mengenali nama mereka.

Facebook tampaknya tak puas dengan auto-tag yang saat ini sudah bisa mengenali wajah pengguna. Mereka pun mengembangkan teknologi facial recognition baru yang lebih canggih.

Fungsinya lebih sekadar membaca wajah. Teknologi baru ini juga dapat melihat potongan rambut, bentuk tubuh, pakaian, dan bahkan pose seseorang dalam foto yang diunggah ke album. Dengan demikian, kemampuan identifikasi pun lebih akurat.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Newscientis, Rabu (24/6/2015), laboratorium kecerdasan buatan milik Facebook sempat menguji teknologi ini pada 40.000 foto berisi wajah yang terlihat jelas dan wajah yang tak terlihat. Hasilnya, mereka bisa mengenali identitas orang di foto-foto itu dengan tingkat akurasi 83 persen.

Pada satu sisi, teknologi seperti ini memberikan keuntungan bagi Facebook, misalnya dengan memberikan meningkatkan akurasi auto-tag pada aplikasi Momments yang baru diluncurkannya.

Namun, di sisi lain, facial recognition rentan melanggar privasi banyak orang. Tidak semua orang ingin dirinya bisa dikenali dengan mudah hanya dari foto atau tag yang muncul di jejaring sosial.

"Bayangkan, bahkan ketika Anda sudah berusaha menyembunyikan wajah, tetap saja identitas Anda bisa diketahui dengan mudah. Hal seperti ini tentu membuat orang khawatir. Saya rasa sekarang sudah waktunya kita mendiskusikan topik ini," komentar Ralph Gross dari Carnegie Mellon University di Pennsylvania, AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com