Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Juga Bikin PC Windows 8 Seukuran Flashdisk

Kompas.com - 25/06/2015, 11:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Setelah Intel meluncurkan PC seukuran flashdisk, Intel Compute Stick,  pabrikan PC Tiongkok, Lenovo pun tak mau ketinggalan. Mereka baru-baru ini memperkenalkan komputer kecil, Ideacentre Stick 300.

PC seukuran flashdisk buatan Lenovo itu memiliki panjang 3,9 inci, lebar 1,5 inci, dan tebal 0,59 inci, sehingga dimensinya menyamai peranti penyimpanan flashdisk USB.

Ideacentre Stick 300 menjalankan sistem operasi Windows 8.1 dan dilengkapi dengan konektor HDMI untuk terhubung dengan layar TV atau monitor PC.

Lenovo meluncurkan komputer portabel itu untuk menyasar pengguna yang membutuhkan portabilitas, selain menyediakan komputer bertenaga yang bisa dipakai untuk bermain game, browsing internet, dan chatting tanpa harus membeli PC yang besar dan mahal.

"Kami melihat ada kebutuhan komputasi dari orang-orang yang sering bepergian, termasuk pebisnis dan keluarga," ujar Jun Ouyang, General Manager Lenovo Worldwide Desktop and Visuals seperti dikutip KompasTekno dari Cnet, Rabu (24/6/2015).

"Solusi yang portabel dan terjangkau akan menjadi keunggulan signifikan bagi semua kalangan pengguna," imbuhnya.

Ideacentre Stick 300 ditenagai oleh prosesor Intel Atom dengan RAM 2 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Selain konektor HDMI, terdapat pula port MicroUSB 2.0 dan slot kartu SD card. Fitur konektivitas nirkabel WiFi dan Bluetooth 4.0 juga disertakan.

Fitur dan spesifikasi dalam Ideacentre Stick 300 identik dengan Compute Stick buatan Intel. Mungkinkah komputer portabel ini hanya berganti "baju"? Mengingat selama ini Lenovo adalah rekanan dekat Intel.

Ideacentre Stick 300 baru akan dijual Lenovo mulai bulan Juli mendatang di situs resmi Lenovo dan toko retail di seluruh dunia dengan harga mulai 130 dollar AS (sekitar Rp 1,7 juta). Belum diketahui apakah Ideacentre Stick 300 akan diboyong Lenovo ke Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com