Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menggenggam Xperia M4 Aqua

Kompas.com - 25/06/2015, 15:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Sony belakangan seolah tenggelam di tengah riuhnya kemunculan aneka perangkat baru dari pabrikan saingan. Terlebih setelah muncul isu bahwa bisnis gadget mobile tak lagi menjadi konsentrasi raksasa elektronik asal Jepang itu.

Tapi Sony lalu kembali mencuat ke permukaan lewat serangkaian produk baru. Salah satunya, Xperia M4 Aqua, smartphone Android baru yang pada bulan Juni 2015 resmi mendarat di Indonesia.

Meski sebenarnya duduk di papan tengah klasemen harga, Xperia M4 Aqua mengusung tampilan yang tak jauh berbeda dari ponsel-ponsel high-end. Seperti apa? Ikuti ulasan singkatnya berikut ini.

OmniBalance

Tampang Xperia M4 Aqua sekilas terlihat mirip dengan smarthone kelas atas Xperia seri Z. Ia memang menganut desain smartphone ala Sony, dengan bentuk yang cenderung “kotak” dan pinggiran membulat.

Rancangan “OmbiBalance” -demikian sebutan Sony- ini konon dimaksudkan agar ponsel Xperia tetap nyaman digenggam dengan cara apapun.

Oik Yusuf/ Kompas.com Tampak depan Sony Xperia M4 Aqua. Terlihat sepasang speaker yang mengapit layar di sisi atas dan bawah
Oik Yusuf/ Kompas.com Tampak belakang Sony Xperia M4 Aqua, dengan lensa kamera 13 megapixel yang turut dibekali LED flash

Di tangan, Xperia M4 Aqua memang terasa solid dan mantap berkat sisi-sisi pinggirnya yang berbentuk membulat dan memiliki tekstur kesat sehingga tak terasa licin, meski muka dan punggungnya berlapis kaca.

Bagian depan Xperia M4 Aqua yang dimotori chip octa-core 64-bit Snapdragon 615 dan RAM 2 GB ini tak memuat tombol fisik apapun karena Sony menempatkan tombol-tombol navigasi sebagai bagian dari tampilan antarmuka.

Deretan tombol ini bisa ditemukan di bawah layar ketika ponsel aktif.

Oik Yusuf/ Kompas.com Sisi kanan Sony Xperia M4 Aqua
Oik Yusuf/ Kompas.com Sisi kiri Sony Xperia M4 Aqua, dengan port micro-USB yang dibiarkan terbuka tanpa penutup kedap air

Sisi pinggiran Xperia M4 Aqua memiliki tekstur dan warna serupa logam, tapi sebenarnya merupakan plastik polikarbonat. Mungkin karena itu pula perangkat ini terasa ringan di tangan meski memiliki layar berukuran 5 inci (1280x720).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com