Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentang "Handphone Sejuta Umat"

Kompas.com - 27/06/2015, 13:14 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Oleh: Palupi Annisa Auliani

Masihkah Anda lekat dengan frasa “henpon sejuta umat”? Kalau ditanyakan sekarang, jawaban yang muncul bisa jadi tergantung dari generasi apa orang yang ditanya. Jadi senyum-senyum sendiri teringat gagah-gagahnya menenteng telepon genggam dengan julukan itu? Bila iya, sebuah cerita sudah bisa dimulai.

Bagi generasi 2000-an, frasa “henpon sejuta umat” adalah sebutan yang seketika merujuk pada telepon genggam bermerek Nokia. Sebutan itu sebenarnya adalah plesetan dari julukan “Dai Sejuta Umat” yang lebih dulu kondang melekat pada sosok almarhum KH Zainuddin MZ.

Saat itu, telepon genggam masih masuk kategori barang yang cukup mewah untuk dimiliki, setelah versi komersial mulai bertebaran sekitar akhir dekade 90-an. Ada sejumlah merek yang beredar luas—meski tak seluas sekarang—tetapi Nokia-lah yang menjadi penguasa pasar.

Pilihan ragam seri, warna, tampilan layar, bahkan bunyi nada dering, menempatkan Nokia tak semata sebagai telepon genggam, tetapi juga semacam “pemeringkat status" pemiliknya. Rasanya, seseorang belum keren kalau belum punya telepon genggam bermerek Nokia dengan nada dering polyphonic.

Shutterstock.com/Urbanbuzz Ilustrasi aneka telepon genggam bermerek Nokia

Nada dering MP3 belum musim. Ring back tone belum terpikirkan juga. Layar warna di Nokia—meski terbatas pixel-nya kalau dibandingkan spesifikasi telepon genggam pada hari ini—sudah “berbicara” banyak soal status sosial sang empunya. Terlebih lagi ketika Nokia meluncurkan seri communicator, euforia dan prestise pun melaju beriringan.

Pada masa kejayaan itu, Nokia jauh meninggalkan merek-merek pionir lain seperti Ericsson, Siemens, atau Motorola. Bagaimana dengan Samsung? Maaf, Samsung pada waktu itu masih merek yang dianggap ecek-ecek untuk telepon genggam. Secanggih-canggihnya, para pengguna telepon genggam selain Nokia hanya bisa berkilah—yang kalau dalam bahasa sekarang—, “Nokia terlalu mainstream…”

Namun, apa mau dikata, sejarah punya jalan cerita yang kerap kali tak terduga. Nokia yang pada satu masa meraja, sampai memunculkan frasa “henpon sejuta umat” itu, pada hari ini bahkan sudah tak lagi menjadi perusahaan telekomunikasi yang berdiri sendiri. Merek yang sempat jadi ukuran isi kantong dan kelas sosial pemiliknya itu pun, bahkan sudah resmi tak lagi dipakai.

Ini bisa dibilang “gara-gara” BlackBerry. Pertama kali muncul dengan klaim soal jaringan terenskripsi, dipakai oleh Presiden Amerika Serikat dan para staf-nya, hingga menyeruak luas layanan pesan BlackBerry messenger, menjadikan BlackBerry sebagai “simbol” baru dari prestise, status sosial, dan tingkat kekerenan seseorang. BlackBerry menjadi versi baru dari “henpon sejuta umat” mulai kisaran era 2010.

Sekali lagi orang berlomba-lomba bersaing punya BlackBerry, tak perlu orang dengan profesi yang butuh keypad qwerty apalagi jaringan terenkripsi. Meski Nokia juga punya versi produk ber-keypad qwerty, jaringa tertutup BlackBerry pada waktu itu memberikan janji koneksi yang jauh lebih mumpuni.

Saking booming-nya gadget yang satu ini pada waktu itu, merek-merek lokal dan produk-produk Tiongkok pun berderet membuat telepon genggam berpenampilan serupa, meski dengan mesin dan kualitasnya yang jauh lebih sederhana.

Apa kabar iPhone saat BlackBerry menggusur Nokia? Jawabannya, mohon maaf, iPhone belum ada. Ketika kemudian beririsan masa, iPhone muncul dalam balutan yang terlalu premium. Hanya mereka yang butuh penampilan dan jelas punya uang yang bisa punya iPhone generasi-generasi awal.

Kelas menengah saat itu bisa jadi juga belum terlalu “ngehe”, atau ya semata karena memang saking mahalnya saja produk besutan Apple itu. Lagi-lagi, Samsung masih jadi merek telepon genggam yang dilirik sebelah mata saja saat itu, meski tak seterpinggirkan seperti pada era kejayaan Nokia.

Namun, lagi-lagi sejarah punya alur cerita tersendiri. Pada hari ini, pangsa pasar BlackBerry pada akhir 2014 tinggal sekitar 0,4 persen dari seluruh telepon genggam yang beredar di dunia, merujuk data IDC.

Justru, iPhone yang sebenarnya tetap dianggap mahal amit-amit dan gadget keluaran Samsung bersama produk-produk lain bersistem operasi Android yang sekarang merajai pasar. Iya, telepon genggam Samsung yang dulu pada masa jaya Nokia adalah pilihan kepepet saja itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com