Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Smartphone Diuji "Beneran", Juaranya?

Kompas.com - 29/06/2015, 16:17 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini, uji performa sebuah smartphone Android diukur dengan menggunakan aplikasi benchmark. Namun aplikasi tersebut memiliki banyak kendala, seperti bisa diakali.

Situs Tom's Guide melakukan uji performa smartphone dengan caranya sendiri, yaitu dengan melakukan serangkaian tugas untuk enam smartphone, lima Android dan satu iPhone.

Pengujian dilakukan dengan simulasi penggunaan sehari-hari, seperti bermain game ringan hingga berat, membuka dan memindahkan file berukuran besar, dan memotret berbagai objek.

Perangkat yang diuji adalah Samsung Galaxy S6, iPhone 6, HTC One M9, LG G4, Asus Zenfone 2, serta Google Nexus 6. Lalu, bagaimana hasilnya?

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Senin (29/6/2015), Galaxy S6 muncul sebagai smartphone terkencang dalam pengujian di dunia nyata ini. Bahkan mengungguli Apple iPhone 6.

Galaxy S6 dengan prosesor Exynos 7420 itu memiliki performa unggul dalam serangkaian uji coba, seperti bermain game Asphalt 8, membuka file PDF, editing video, dan mengaktifkan aplikasi kamera dengan cepat.

Menurut Android Authority, Galaxy S6 bisa begitu kencang bukan karena faktor chipset yang digunakan saja, namun juga dukungan memori LPDDR4 serta penyimpanan flash UFS 2.0 yang dipakai.

Memori RAM LPDDR4 memungkinkan kecepatan pemrosesan 50 persen lebih tinggi dibanding standar LPDDR3.

Sementara penyimpanan flash UFS 2.0 mampu membaca dan menulis file di memori internal lebih kencang dan secara simultan, sekaligus memprioritaskan perintah yang masuk agar dieksekusi secepatnya.

Sementara LG G4 berada di peringkat kedua dengan skor yang unggul, kecuali dalam hal pemrosesan grafis 3D. Tak heran, sebab GPU Adreno 418 yang diusung dikenal kesulitan dalam menangani gambar dengan resolusi QHD.

Smartphone terbaru besutan Apple, yaitu iPhone 6 berada di peringkat ketiga.

Namun yang menarik, prosesor Snapdragon 810 yang dipakai HTC One M9 ternyata berada di urutan ke-empat, di belakang prosesor Snapdragon 808 yang dipakai LG G4 dan Exynos 7420 buatan Samsung.

Nexus 6 rancangan Google juga ternyata membuka aplikasi lebih lambat dibanding smartphone-smartphone lain yang diuji bersamaan.

Prosesor Intel Atom yang dipasang dalam perangkat Asus Zenfone 2 berada di urutan paling akhir, namun dalam beberapa skenario perangkat ini lebih kencang dibandingkan Nexus 6.

Berikut detail hasil pengujian tersebut:

Tom's Guide Hasil pengujian smartphone dengan memberikannya tugas-tugas nyata.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com