Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Masih Minoritas di Facebook

Kompas.com - 30/06/2015, 11:50 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com – Facebook baru saja merilis data keberagaman untuk menunjukkan komposisi gender dan kaum minoritas yang dipekerjakan mereka. Dari data tersebut diketahui ternyata perusahaan media sosial itu masih didominasi oleh laki-laki.

Dikutip KompasTekno dari Newsroom FB, Senin (29/6/2015), Facebook mengeluarkan data tersebut sebagai dukungan terhadap asas pluralisme. Dengan mendukung keberagaman, mereka berharap bisa mewujudkan dunia yang saling tehubung dan terbuka.

“Keberagaman kognitif atau keberagaman pemikiran adalah hal penting karena kami menciptakan platform yang saat ini dipakai 1,4 miliar orang di seluruh dunia. Kami harus memiliki perspektif luas terkait gender, etnis, usia dan orientasi seks,” tulis Global Director of Diversity Facebook Maxine Williams.

Saat ini mereka mempekerjakan sekitar lebih dari 10.000 orang pekerja. Dari total tersebut, 68 persen adalah laki-laki sedangkan wanita menduduki 32 persen sisanya.

Komposisi pekerja laki-laki paling banyak ditemukan dalam pekerjaan yang teknis, 84 persen. Sedangkan komposisi pekerja wanita pada kategori ini paling sedikit, yaitu 16 persen saja.

Pekerja wanita paling banyak ditemukan pada pekerkaan yang tak berkaitan dengan teknis, yaitu mencapai 52 persen dibandingkan dengan laki-laki yang hanya 48 persen.

Sedangkan dalam hal senior leadership, Facebook masih didominasi oleh laki-laki. Kompisisinya adalah 77 persen laki-laki dan 23 persen wanita, sama dengan angka yang mereka laporkan tahun lalu.

Namun di sisi lain, ada juga perubahan komposisi etnis yang menempati posisi senior leadership tersebut. Pada tahun ini, orang asia menduduki 21 persen posisi senior leadership di perusahaan media sosial itu. Sedikit lebih banyak bila dibandingkan dengan komposisi 19 persen pada tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com