Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat TNI AU yang Jatuh, Bisa Isi Bahan Bakar Jet Tempur di Udara

Kompas.com - 30/06/2015, 14:18 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) yang jatuh di daerah Jamin Ginting, Medan pada Selasa (30/6/2015) diketahui berjenis C130 Hercules dengan nomor registrasi A-1310.

Pesawat tersebut, menurut Kadispen TNI Angkatan Udara Marsma Dwi Badarmanto, dioperasikan oleh Skadron Udara 32 yang berpangkalan di Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang.

Penelusuran Kompas.com, Hercules dengan nomor registrasi A-1310 adalah varian tanker udara, atau seri KC-130B yang mulai dioperasikan oleh TNI AU sejak 54 tahun lalu, tepatnya 18 April 1961.

Hercules adalah pesawat terbang high wing (sayap di atas) dengan empat mesin turboprop yang tersemat di sayapnya.

TNI AU memiliki dua jenis tanker udara KC-130B. Selain registrasi A-1310 yang dikabarkan jatuh di Medan, masih terdapat registrasi A-1309 yang memiliki fungsi yang sama.

KC-130B yang dioperasikan oleh TNI AU tersebut dibuat oleh pabrikan Lockheed (saat itu belum bergabung menjadi Lockheed Martin) dengan nomor seri 282-3616 dan terbang perdana pada tahun 1961.

Di masa-masa awal pengoperasiannya, KC-130B milik TNI AU digunakan untuk misi air-to-air refuelling (pengisian bahan bakar di udara) dengan pesawat tempur A4E Skyhawak.

Selain itu, KC-130B juga diketahui melayani pengisian bahan bakar di udara dengan armada jet tempur Hawk-200 milik SKuadron Udara 12.

Belakangan, modernisasi yang dilakukan oleh TNI-AU, KC-130B juga bisa digunakan untuk pengisian bahan bakar air-to-air dengan armada pesawat Sukhoi Su-27 dan Su-30 TNI AU.

KC-130B menggunakan metode pengisian bahan bakar udara dengan hose, atau pipa lentur yang menjulur dari kedua tanki eksternal yang berada di sayap. Hose tersebut di ujungnya memiliki drogue, atau parasut kecil di ujung selang.

Pesawat yang akan "menyusu" atau diisi ulang bahan bakarnya harus aktif menghubungkan pipa bahan bakar eksternal dengan drogue.

Menurut Lockheed Martin, Setiap drogue dapat mengalirkan hingga 300 galon per menitnya (1135,5 liter/menit) untuk dua pesawat penerima secara simultan.

Selain itu, KC-130B dapat membawa 3.600 removable gallon (136,26 hecto liter) dalam tanki stainless stell yang ditempatkan di dalam kompartemen kargo. Selain sebagai pesawat tanker, A-1310 juga beroperasi sebagai pesawat angkut militer untuk berbagai misi, seperti penerjunan dan angkut logistik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com