Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ok Google" Bakal Bisa Diakses Tanpa Internet

Kompas.com - 01/07/2015, 13:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Fitur perintah suara di perangkat Android, "OK Google" selama ini hanya bisa dipakai jika smartphone tersebut sedang online atau terhubung dengan internet saja.

Namun nampaknya Google akan membuat fitur tersebut tersedia bagi pengguna saat offline juga, atau saat tidak terhubung dengan internet.

Saat ini, Google memberikan pemberitahuan jika fitur OK Google tersebut sedang tidak tersedia manakala smartphone atau tablet Android dalam kondisi offline.

Menurut Android Police, seperti dikutip KompasTekno, Selasa (30/6/2015), baris kode dalam update APK Google terbaru menunjukkan bahwa ke depannya fitur OK Google tetap bisa diakses walau perangkat dalam kondisi offline.

Beberapa perintah yang bisa diberikan saat offline antara lain seperti menelepon, berkirim SMS, memutar musik, dan menyalakan Wi-Fi.

Perintah-perintah offline lain kemungkinan bakal ditambahkan Google di masa mendatang.

Update lain dalam aplikasi Google yang akan disertakan adalah kemampuan perintah suara untuk mengatur kecerahan layar dan volume speaker.

Aplikasi Google di toko aplikasi Google Play saat ini masih dalam versi 4.7. Versi 4.8 yang disiapkan untuk fitur perintah suara offline itu tersedia dalam bentuk APK yang bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com