BrandzView

4 Trik Mudah Menggaet Jutaan "Follower" di Instagram

Kompas.com - 02/07/2015, 04:11 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.com - Instagram lebih dikenal sebagai media sosial tempat memamerkan foto perjalanan atau makanan enak. Namun, sebenarnya media sosial ini lebih dari itu.

Instagram merupakan salah satu jejaring sosial yang efektif untuk menyalurkan kegemaran sampai mencari uang. Media sosial ini memang diuntungkan karena unsur fotografi yang mengizinkan penggunanya mencerna informasi secara visual. Misalnya, saat sebuah brand atau pribadi ingin membangun citra diri, mereka bisa langsung mengunggah materi terkait atau foto sehari-hari.

Belakangan di Indonesia sendiri marak akun Instagram digunakan sebagai sarana berjualan. Namun, apa kunci kesuksesan satu akun Instagram agar diikuti banyak orang?

Tentu, jika Anda ingin memperlihatkan sesuatu, butuh penonton dan di Instagram mereka biasa disebut follower. Tanpa follower setia menanti setiap unggahan Anda, apapun yang Anda tawarkan tidak akan ada hasilnya. Nah, berikut empat trik untuk menjaring jutaan pengikut setia di Instagram Anda: 

Gunakan Tagar

Tagar atau tanda pagar lebih dikenal dengan hashtag. Ini merupakan satu kata atau frase tanpa spasi yang di awali dengan tanda pagar.  

Tagar berfungsi untuk menyatukan sebuah tema spesifik di media sosial. Tema yang dikelompokan dengan tagar nantinya bisa lebih mudah ditemukan di internet. 

Umumnya, penggunaan tagar dipakai sebagai penghubung unggahan bersambung atau kampanye produk dan isu tertentu. Ketika Anda menulis dengan menggunakan tagar, foto yang Anda unggah dapat tersebar ke seluruh dunia dan dilihat banyak orang. 

Jadi, sebisa mungkin gunakan tagar dengan cerdas. Manfaatkan tagar populer seperti #instagood, #ootd atau #likeforlike dalam setiap unggahan Instagram Anda.

Jangan lupa sesuaikan dengan foto yang Anda unggah. Misalnya, saat mengunggah foto matahari terbenam, sematkanlah tagar #sunset pada judul foto. 

Shutterstock Membatasi kuantitas foto dapat membangun hubungan Anda dengan followers. Mereka bisa lebih terkesan dan menanti foto-foto apik yang Anda sajikan.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com